PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 GONDANG

USWATUN KASANAH, 2814133193 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 GONDANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gondang” ini ditulis oleh Uswatun Kasanah, NIM. 2814133193 Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Think-Pair-Share (TPS), Mind Mapping, dan Hasil Belajar. Fenomena pembelajaran yang terjadi, masih ditemukan sebagian besar siswa kurang berani menyampaikan pendapat maupun pertanyaan, sebagian yang lain masih kesulitan saat mengerjakan soal mengenai materi teorema phytagoras, serta kurang termotivasi dalam belajar matematika. Sehingga berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Untuk mengantisipasi kondisi di atas perlu direncanakan pembelajaran yang dapat menciptakan siswa berani menyampaikan gagasan dan ide-idenya serta menumbuhkan motivasi yang diharapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan teknik Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Gondang, 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Gondang setelah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan teknik Mind Mapping diterapkan, 3) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa setelah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan teknik Mind Mapping diterapkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Gondang. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, angket, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ketuntasan belajar siswa yang mencapai KKM yaitu 75 sekurang-kurangnya 75% dari jumlah siswa keseluruhan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan teknik Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Gondang adalah sebagai berikut: a) think (berpikir) membuat mind map sendiri, b) pair (berpasangan) dengan teman sebangku membuat mind map c) share (membagikan) hasil membuat mind map didepan kelas 2) hasil tes mengalami peningkatan pada tes akhir siklus I dengan nilai rata-rata siswa adalah 71,35 dan pada tes akhir siklus II nilai rata-ratanya 80,2. Demikian juga mengalami ketuntasan hasil belajar yaitu pada siklus I 56,4% meningkat menjadi 89,7% pada siklus II. 3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Gondang. Berdasarkan hasil angket diperoleh data sebesar 1,82 yang artinya siswa memiliki motivasi yang positif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133193 USWATUN KASANAH
Date Deposited: 14 Jul 2017 03:32
Last Modified: 14 Jul 2017 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5452

Actions (login required)

View Item View Item