AKTUALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (STUDI KASUS DI TPQ AL-ASYHAR SUMBERAGUNG)

AHMAD RIFA’I, 2811123044 (2017) AKTUALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (STUDI KASUS DI TPQ AL-ASYHAR SUMBERAGUNG). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Aktualisasi Nilai-nilai Keagamaan pada Santri di Taman pendidikan Al-Quran (TPQ) (Studi Kasus di TPQ Al-Asyhar)” yang ditulis oleh Ahmad Rifa’I, NIM. 2811123044, pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag.M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memelihara/menumbuhkan nilai-nilai keagamaan bagi anak. Dalam hal ini peneliti menghubunngkan masalah pengaktualisasian nilai-nilaikeagamaan pada sanrti Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) di TPQ Al-Asyhar yang diberikan oleh ustadz sebagai awal untuk menjalankan kehidupan beragama yang berupa: nilai aqidah, nilai ibadah/syari’ah, nilai akhlak, dan nilai pembelajaran membaca Al-Quran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana nilai-nilai keagamaan aqidah yang diaktualisasikan pada santri TPQ Al-Asyhar Sumberagung?. (2) bagaimana nilai-nilai keagamaan akhlak yang diaktualisasikan pada santri TPQ Al-Asyhar Sumberagung?. (3) bagaimana nilai-nilai keagamaan syari’ah/ibadah yang diaktualisasikan pada santri TPQ Al-Asyhar Sumberagung?. (4) bagaimana nilai-nilai keagamaan pembelajaran Al-Quran yang diaktualisasikan pada santri TPQ Al-Asyhar Sumberagung? . Skripsi ini bermanfaat bagi kepala Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Al-Asyhar Sumberagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran. Bagi ustad/ustadzah sebagai bahan evaluasi yang terkait dengan aktualisasi nilai-nilai keagamaan pada santri TPQ Al-Asyhar. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data langsung tentang keadaan Taman Pendidikan Al-Quran Al-Asyhar yang digunakan sebagai tempat penelitian dan peneliti menggunakan teknik ini karena memungkinkan bagi peneliti untuk melihat dan mengamati sendiri fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan dan memudahkannya dalam bentuk tulisan. Wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang bagaimana berlangsungnya pengaktualisasian nilai keagamaan. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini bahwa 1. aktualisasi nilai-nilai keagamaan pada santri di TPQ Al-Asyhar Sumberagung berupa: a. pengenalan-pengenalan tentang keimanan seperti: mengenalkan arti yang terkandung dalam Al-Qur’an contoh hafalan surat-surat pendek beserta artinya mengenal Rasul contoh pentas seni diiringi dengan lantunan sholawat, mengenal nama malaikat dan tugasnya contoh hafalan tentang nama-nama malaikat dengan cara bernyanyi b. memberi bimbingan praktek ibadah seperti: mengenalkan ibadah shalat dan wudhu beserta prakteknya, mengenalkan zakat fitrah beserta aplikasinya di lapangan, dan mengenal puasa. c. pengenalan akhlak seperti: mengenalkan akhlak kepada Allah, mengenalkan akhlak terhadap dirinya sendiri dan sesama contoh belajar disiplin apabila ada santri yang melanggar peraturan diberi hukuman, mengenalkan akhlak dalam keluarga contoh taat pada orang tua. d. Pembelajaran Al-Quran : Pembelajaran membaca Al-Quran di TPQ Al-Asyhar kurang lebih hampir sama dengan pembelajaran membaca Al-Quran di TPQ pada umumnya yakni dengan mengajarkan huruf-huruf hijaiyah, tajuwid, dan sebagainya. Pembelajaran membaca Al-Qurannya menggunakan metode An-Nahdliyah yakni metode yang mempelajaari cara membaca cepat tanggap belajar Al-Quran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123044 AHMAD RIFA’I
Date Deposited: 16 Jan 2017 07:21
Last Modified: 16 Jan 2017 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4630

Actions (login required)

View Item View Item