KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG

AMIN NISROKAH, 2811123051 (2017) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (66kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung” ini ditulis oleh Amin Nisrokah, NIM. 2811123051, yang dibimbing oleh Dr. H. Munardji, M. Ag. Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Minat Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru Pendidikan Agama Islam terutama Al-Qur’an Hadits yang memiliki kompetensi profesional dalam menguasai materi secara mendalam, mengembangkan materi secara kreatif, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi memahami metode serta teknik pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa akan meningkatkan minat belajar siswa, sehingga pembelajaran akan berjalan secara optimal. Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana kompetensi profesional guru dalam penguasaan materi pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar Al-Qur’an Hadits siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung? 2). Bagaimana kompetensi profesional guru dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar Al-Qur’an Hadits siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung? 3). Bagaimana kompetensi profesional guru dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar Al-Qur’an Hadits siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan kompetensi profesional guru dalam penguasaan materi untuk meningkatkan minat belajar Al-Qur’an Hadits siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. 2). Mendeskripsikan kompetensi profesional guru dalam pemanfaatan media untuk meningkatkan minat belajar Al-Qur’an Hadits siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. 3). Mendeskripsikan kompetensi profesional guru dalam penggunaan metode untuk meningkatkan minat belajar Al-Qur’an Hadits siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif diskriptif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan trianggulasi. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap menarik verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa:1) Guru meningkatkan pengetahuan secara mandiri untuk menguasai materi yang akan disampaikan, dan mengembangkan materi agar lebih kreatif dalam menyampaikan pembelajaran Al-Qur’an Hadits agar pembelajaran dapat berlangsung secara optimal. Penguasaan materi pembelajaran dengan luas dan mendalam akan mengantarkan siswa lebih cepat memahami materi tidak akan merasa bosan, membuat siswa selalu ingin tahu dan ingin mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. 2) Guru menggunakan media yang beragam yaitu Liquid Cristal Display, proyektor, video, peta konsep, dan papan tulis dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media tersebut melalui tahap pemilihan yang memperhatikan kesesuaian dengan materi, situasi-kondisi siswa, metode, waktu dan tempat. Dengan kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini dilakukan agar siswa bersemangat dan tidak cepat jenuh memperhatikan pelajaran serta berlatih untuk aktif dan terbiasa percaya diri dalam mengeluarkan pendapat. 3) Guru menerapkan bermacam-macam metode (ceramah, diskusi kelompok, penugasan, Tanya jawab dan hafalan). Dengan variasi metode dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penggunaan metode memperhatikan kesesuaian materi, kondisi siswa, kemampuan siswa, keadaan lingkungan belajar dan kemampuan guru. Dalam melaksanakan proses pembelajaran, keaktifan siswa harus selalu diciptakan dan berjalan terus dengan menggunakan metode dan strategi mengajar yang tepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123051 AMIN NISROKAH
Date Deposited: 03 Jan 2017 06:50
Last Modified: 03 Jan 2017 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4458

Actions (login required)

View Item View Item