PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENIGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 KENDALBULUR BOYOLANGU TULUNGAGUNG

AGUSTINA TRI UTAMI, 2817123001 (2016) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENIGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 KENDALBULUR BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (215kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Kendalbulur Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Agustina Tri Utami NIM. 2817123001, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bpk. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Metode Eksperimen, Keterampilan Proses Sains. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDN 2 Kendalbulur Boyolangu Tulungagung yang menyebakkan rendahnya prosentase kelulusan peserta didik. Hal ini disebabkan karena kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran IPA. Sehingga penguasaan materi dan keterampilan proses sains seperti mengobservasi, mengelompokkan, mengukur, menyimpulkan dan mengkomunikasikan belum maksimal. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetauan Alam ada beberapa metode yang dapat diterapkan guru untuk meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan proses sains peserta didik, salah satunya metode Eksperimen. Metode Eksperimen merupakan metode pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar aktif dan ikut perperan dalam proses pembelajaran. Dengan metode Eksperimen keterampilan proses sains peserta didik akan lebih meningkat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Rumusan masalah dalam penelitin ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Eksperimen pada mata pelajaran IPA materi gaya dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas IV SDN 2 Kendalbulur Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatkan keterampilan proses sains setelah diterapkan metode Eksperimen pada mata pelajaran IPA materi gaya peserta didik kelas IV SDN 2 Kendalbulur Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada mata pelajaran IPA materi gaya peserta didik kelas IV SDN 2 Kendalbulur Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains setelah penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi gaya peserta didik kelas IV SDN 2 Kendalbulur Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data atara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabilai prosentase ketuntasan keterampilan proses sains peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Langkah-langkah penerapan metode eksperimen adalah: peneliti menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, peneliti menyajikan materi, peneliti membagi peseta didik menjadi beberapa kelompok, peneliti membagikan alat eksperimen, peneliti memberikan kesempatan peserta didik untuk melakukan eksperimen sesuai petunjuk, peneliti memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menjelaskan hasil eksperimen yang dilakukan, dan terakhir peneliti bersama peserta didik menyimpulkan hasil eksperimen yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik setelah peneraapan metode eksperimen mengalami peningkatan. Pada siklus I prosentase ketuntasan peserta didik 40% dengan nilai rata-rata 68,5. Pada siklus II prosestase ketuntasan peserta didik menagalami peningkatan menjadi 75% dengan nilai rata-rata 78,5. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpukan penerapan metode Eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas IV SDN 2 Kendalbulur Boyolangu Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123001 AGUSTINA TRI UTAMI
Date Deposited: 20 Dec 2016 03:56
Last Modified: 20 Dec 2016 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4255

Actions (login required)

View Item View Item