Pengaruh Penggunaan Metode Pemecahan Masalah Model Polya dengan Strategi Berdendang dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Durenan

Nadhiroh, Ainin (2014) Pengaruh Penggunaan Metode Pemecahan Masalah Model Polya dengan Strategi Berdendang dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Durenan. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
AININ NADHIROH.pdf

Download (12MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Pemecahan Masalah Model Polya, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa sering mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah yang dihadapi saat pembelajaran matematika di sekolah serta kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Hal itu, disebabkan karena dalam proses belajar mengajar di kelas, guru cenderung masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang membuat siswa sering merasa bosan sehingga siswa tidak termotivasi dalam belajar dan akibatnya siswa tidak memahami materi serta tidak dapat memecahkan masalah yang diberikan sehingga hasil belajar siswa kurang baik. Berdasarkan permaslahan tersebut, solusi yang tepat adalah dengan menggunakan metode pemecahan masalah model polya dengan strategi berdendang yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Durenan Trenggalek. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah ada pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah model polya dengan strategi berdendang terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Durenan?, 2) Apakah ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Durenan?, 3) Apakah ada pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah model polya dengan strategi berdendang terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi siswa kelas VIII SMP Islam Durenan?, 4) Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pemecahan masalah model polya dengan strategi berdendang dan tanpa berdendang?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah model Polya dengan strategi berdendang terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Durenan. 2) untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Durenan. 3) untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah model polya dengan strategi berdendang dan motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Durenan. 4) untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pemecahan masalah model polya dengan strategi berdendang dan tanpa berdendang. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengalaman dan wawasan tentang penggunaan metode pemecahan masalah model polya dan strategi berdendang yang nantinya dapat diterapkan penulis setelah terjun ke dunia pendidikan. Manfaat untuk kepala SMP Islam Durenan Trenggalek sebagai sumbangan pemikiran dalam pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi guru SMP Islam Durenan sebagai acuan dalam menciptakan suasana belajar yang lebih variatif dalam menanamkan konsep materi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, bagi siswa sebagai media xvii untuk meningkatkan hasil belajar, dan bagi peneliti lain sebagai bahan referensi dan masukan dalam melakukan penelitian selanjutnya yang relevan dengan penelitian ini. Pola penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan populasi siswa kelas VIII SMP Islam Durenan dan dengan menggunakan tehnik sampling acak diperoleh sampel kelas VIIIB, VIIIC, dan VIIID dimana total semua sampel adalah 92 siswa. Sedangkan metode pengumpulan datanya adalah dengan metode (1) Tes, (2) Angket, (3) Wawancara, (4) Observasi, dan (5) Dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data statisik Anava 2 Jalur (two way anova). Hasil penelitian penggunaan metode pemecahan masalah model polya dengan strategi berdendang dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Islam Durenan sangat membantu siswa dalam memecahkan masalah matematika dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Hal itu ditunjukkan dalam hasil belajar siswa yang meningkat dan mayoritas siswa memperoleh nilai diatas KKM. Hasil ini ditunjukkan pada hasil analisis data dengan uji statistik anava 2 jalur diperoleh jawaban dari hipotesis yang diajukan yaitu: Dari hasil penelitian, diketahui bahwa pada taraf signifikasi 5% : (1) ada pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah model polya dengan strategi berdendang terhadap hasil belajar siswa dengan nilai sig.0,000  0,05. (2) tidak ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikasi 0,109  0,05. (3) ada pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah model polya dengan strategi berdendang dan motivasi terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikasi 0,045  0,05. (4) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pemecahan masalah model polya dengan strategi berdendang dan tanpa berdendang dimana hasil belajar siswa yang diberi perlakuan metode pemecahan masalah model polya dengan strategi berdendang lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diberi perlakuan metode pemecahan masalah model polya tanpa berdendang ditinjau dari nilai rata-ratanya dengan nilai signifikasi 0,006  0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Dec 2014 03:13
Last Modified: 09 Dec 2014 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item View Item