PENGARUH METODE RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN TULUNGAGUNG

SUFIA SEPTIANA DEWI, 2814123146 (2016) PENGARUH METODE RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (682kB)
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Resource Based Learning (RBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII MTsN Tulungagung” ini ditulis oleh Sufia Septiana Dewi, NIM. 2814123146 dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Resource Based Learning, Hasil Belajar Dalam paradigma pendidikan tradisional, guru dianggap sebagai satu-satunya sumber belajar. Dalam paradigma pendidikan modern, tidak lagi demikian. Siswa dapat belajar dari berbagai sumber lain tidak hanya guru. Apalagi dalam era informasi saat ini, informasi tersedia dimana-mana dalam berbagai bentuk dan jenis mulai dari bentuk cetak, non-cetak, bahkan sumber belajar dari manusia itu sendiri. Metode pembelajaran resource baed learning akan membuat siswa lebih aktif untuk belajar matematika dengan cara mencari sumber belajar yang dibutuhkan sehingga dapat lebih terampil berfikir kreatif untuk memecahkan masalah matematika Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui pengaruh metode Resource Based Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII MTsN Tulungangung. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode Resource Based Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII MTsN Tulungangung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen, dengan variable bebas (X) dalam penelitian ini adalah metode resource based learning. Sedangkan variable terikatnya (Y) adalah hasil belajar matematika. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa dua kelas di MTsN Tulungagung yaitu kelas VII E dan VII F, dimana kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan siswa berjumlah 40 siswa dengan menggunakan metode ekspositori dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen dengan siswa berjumlah 35 siswa dengan menggunakan metode resource based learning. Mata pelajaran yang diteliti adalah mata pelajaran matematika materi segiempat dan segitiga dengan subbab keliling dan luas persegipanjang dan persegi, serta luas dan keliling segitiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan penerapan metode Resource Based Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII MTsN Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji-t yang diperoleh, yaitu nilai sebesar 2,585. Pada taraf signifikansi 5% ditentukan nilai sebesar 1,669. Berdasarkan nilai-nilai dan ini dapat kita tuliskan sebagai berikut: tt (5% = 1,669) < 2,585). Maka hasilnya adalah signifikan. 2) Metode Resource Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII MTsN Tulungagung yaitu sebesar 73%. Hal ini ditunjukkan dengan d=0,606 di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s maka 73% yang tergolong bepengaruh sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: TMT 2814123146 SUFIA SEPTIANA DEWI
Date Deposited: 09 Dec 2016 03:24
Last Modified: 09 Dec 2016 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4168

Actions (login required)

View Item View Item