Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 2 Sendang Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013

Aga, Nur Azizah Eka Fitria Permatasari (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 2 Sendang Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. [ Skripsi ]

[img] Text
bab 1-5.docx

Download (235kB)
[img] Text
cover 1.docx

Download (120kB)
[img] Text
cover 2.docx

Download (112kB)
[img] Text
daftar rujukan.docx

Download (19kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Model Aptitude Treatment Interaction (ATI) , hasil belajar Pada umumnya di dalam satu kelas terdapat keanekaragaman kemampuan siswa yaitu rendah, sedang dan tinggi. Sehingga diperlukan pendekatan yang disesuaikan dengan kemampuan siswa agar hasil belajar siswa meningkat salah satu model pembelajaran tersebut adalah ATI. Model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) adalah model pembelajaran yang secara sengaja didesain untuk menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik kemampuan (aptitude) siswa yang berbeda. Untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa melalui perlakuan (treatment) yang disesuaikan dengan kemampuan mereka Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang kelas VIII SMP Negeri 2 Sendang Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Adapun tujuan penelitian dalam hal ini yaitu Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang kelas VIII SMP Negeri 2 Sendang Tulungagung Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen, Pengambilan data Penelitian ini juga digunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara (interview). Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa pada Bangun ruang kelas VIII di SMP Negeri 2 Sendang Tulungagung semester genap tahun ajaran 2012/2013. Sedangkan metode observasi, dokumentasi, dan interview digunakan untuk menggali data tentang sejarah, letak geografis, dan keadaan guru dan siswa di SMP Negeri 2 Sendang Tulungagung. Analisis data menggunakan rumus t-tes. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap hasil belajar matematika siswa pada Bangun ruang kelas VIII di SMP Negeri 2 Sendang Tulungagung semester genap tahun ajaran 2012/2013. Hasil hitung, pada taraf signifikansi 5% ternyata nilai “thitung“ jauh lebih besar daripada “ttabel”. Dari nilai-nilai “t” ini dapat kita tuliskan sebagai berikut: 4,0689 > tt (5% =2,0126). Dengan demikian, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Dec 2014 03:01
Last Modified: 09 Dec 2014 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item