PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 3 JEPUN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

ANNISA MA’RIFATUL MAHMUDAH, 2817123012 (2016) PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 3 JEPUN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB III.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemberian Penguatan (Reinforcement) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Negeri 3 Jepun Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” yang ditulis oleh Annisa Ma’rifatul Mahmudah, NIM. 2817123012, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing Musrikah, M. Pd. Kata Kunci : Penguatan (Reinforcement), Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran Matematika di SD Negeri 3 Jepun Tulungagung bahwa motivasi dan hasil belajar masih rendah. Hal in disebabkan karena dalam proses pembelajaran peserta didik tidak bersemangat mengikutinya, kurangnya pemahaman dan keaktifan. Dalam hal ini peneliti peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan penguatan (reinforcement). Dengan strategi tersebut diharapkan dapat membantu menumbuhkan motivasi dan hasil belajar Matematika dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan langkah-langkah pemberian penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas III SD Negeri 3 Jepun Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. 2) Mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar Matematika setelah diberikan penguatan pada peserta didik kelas III SD Negeri 3 Jepun Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. 3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika setelah diberikan penguatan pada peserta didik kelas III SD Negeri 3 Jepun Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 3 Jepun Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 13 peserta didik, 11 laki-laki dan 2 perempuan. Teknik yang dikumpulkan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, angket. Sedangkan analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila ketuntasan belajar peserta didik mencapai 75% dari keseluruhan peserta didik yang mengikuti tes telah mencapai KKM. Hasil penelitian dalam tindakan kelas menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah pemberian penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika adalah penguatan verbal dan penguatan nonverbal. 2) Pembelajaran setelah diberikan penguatan (reinforcement), ada peningkatan motivasi belajar Matematika kelas III SD Negeri 3 Jepun Tulungagung. Dari hasil analisis diketahui bahwa motivasi mengalami peningkatan dari pengisian angket motivasi sebelum tes awal (pre test) dan pengisian angket motivasi sesudah post test siklus II. Yaitu sebelum pre test rata-rata 71,23 dengan presentase motivasi 59%, sesudah post test siklus II rata-rata 81,84 dengan presentase motivasi 68,2%. 3) Pembelajaran setelah diberikan penguatan (reinforement), ada peningkatan hasil belajar Matematika kelas III SD Negeri 3 Jepunn Tulungagung. Dari hasil analisis diketahui bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari tes awal ( pre test) hingga post test siklus II, yaitu hasil belajar peserta didik pada pre test rata-rata 61,53 dengan ketuntasan belajar 23,07%, siklus I rata-rata 66,53 dengan ketuntasan belajar 46,15%, dan siklus II rata-rata 82,69 dengan ketuntasan belajar 84,61%. Berdasarkan paparan data, temuan peneliti dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa pemberian penguatan (reinforcement) dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika peserta didik kelas III SD Negeri 3 Jepun Tulungagung tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123012 ANNISA MA’RIFATUL MAHMUDAH
Date Deposited: 02 Nov 2016 03:10
Last Modified: 02 Nov 2016 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4035

Actions (login required)

View Item View Item