Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Jenis Kelamin terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung

Iva, Mufida Siti (2014) Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Jenis Kelamin terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Skripsi SITI IVA MUFIDA.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pengaruh, Mind Mapping, Jenis Kelamin, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi-inovasi baru bagi guru dalam hal pengajaran. Sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat lebih bermakna. Namun pada kenyataannya banyak guru yang telah puas dengan metode mengajar yang biasa dilakukannya. Sehingga mereka merasa tidak perlu untuk melakukan inovasiinovasi baru dalam pengajaran. Hal demikianlah yang menyebabkan pendidikan di Indonesia kurang berkembang. Sehubungan dengan hal di atas, peneliti ingin mengemukakan mengenai salah satu inovasi dalam pembelajaran yang efektif dan dapat mencerdaskan siswa. Inovasi tersebut adalah metode pembelajaran mind mapping. Menurut beberapa pakar, kecerdasan seseorang dapat digolongkan berdasarkan jenis kelamin. Setiap siswa baik itu laki-laki maupun perempuan memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Muncul anggapan bahwa pada umumnya kecerdasan siswa laki-laki terletak pada kekreatifitasannya (lebih dominan menggunakan otak kanan) sedangkan siswa perempuan pada umumnya memiliki kecerdasan di bidang akademik (lebih dominan menggunakan otak kiri). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung?. (2)Adakah pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung?. (3) Seberapa besar pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung?. (4) Seberapa besar pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung? Pola penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran mind mapping dan jenis kelamin sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang berjumlah 77 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Karangrejo Tulungagung tanggal 11 Maret sampai 14 April 2013. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah teknik tes hasil belajar, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan menggunakan teknik t-test. T-test digunakan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung serta pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII xvi MTsN Karangrejo Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung dengan nilai ������� � �� �� yaitu 3,040 � 1,995 sehingga menolak �� dan menerima ��. Analisis kedua mengenai jenis kelamin menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai ������� � �� �� yaitu 1,062 � 2,027 sehingga menerima �� dan menolak ��. Besarnya pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung adalah sebesar 15,3 %. Sedangkan besarnya pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung tidak dihitung karena analisis menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung. Namun analisis menunjukkan bahwa nilai ratarata siswa perempuan lebih besar daripada nilai rata-rata siswa laki-laki yaitu sebesar 87,56 � 83,17.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Dec 2014 02:24
Last Modified: 09 Dec 2014 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/400

Actions (login required)

View Item View Item