PENERAPAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE YANBU’A DI TPQ AL-MUBAROKAH BORO KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016

SIGA PRAMUDANA, 3216113101 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MELALUI METODE YANBU’A DI TPQ AL-MUBAROKAH BORO KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Awalan Skripsi Dana.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Penerapan Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Yanbu’a di TPQ Al-Mubarokah Boro Kedungwaru Tulungagung Tahun 2015/2016” ini ditulis oleh Siga Pramudana, NIM. 3216113101, pembimbing Dr. Nur kholis, M.Pd. Kata Kunci: pembelajaran al-qur’an, penerapan metode yanbu’a Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya guru al-qur’an yang mengajarkan cara baca al-qur’an dengan salah, yang tidak sesuai dengan tajwid atau makhorijul huruf yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Disamping itu, hambatan yang paling menonjol dalam pelaksanaan pendidikan baca al-qur’an yaitu dalam hal penggunaan metode pengajaran al-qur’an. Hal ini menjadi sangat urgen untuk segera diteliti karena penerapan metode pengajaran al-qur’an yang kurang tepat dapat mengakibatkan kesalahan fatal terhadap cara membaca al-quran anak-anak yang akan terus terbawa hingga mereka dewasa. Hal ini mengindikasikan bahwa pemilihan metode mengajar yang tepat akan sangat mempengaruhi hasil belajar yang diinginkan dapat dicapai oleh santri. Dari uraian di atas, maka peneliti mengemukakan fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan metode yanbu’a dalam pembelajaran al-qur’an di TPQ Al-Mubarokah Boro Kedungwaru Tulungagung Tahun 2015/2016?, (2) Faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi penerapan metode yanbu’a dalam pembelajaran al-qur’an di TPQ Al-Mubarokah Boro Kedungwaru Tulungagung Tahun 2015/2016?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode yanbu’a dalam pembelajaran al-qur’an di TPQ Al-Mubarokah dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi penerapan metode yanbu’a dalam pembelajaran al-qur’an di TPQ Al-Mubarokah. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan santri TPQ Al-Mubarokah. Titik tekan utama dalam penelitian ini adalah penerapan metode yanbu’a dalam pembelajaran al-quran di TPQ Al-Mubarokah. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala TPQ Al-Mubarokah sebagai bahan dan evaluasi dalam mengambil kebijakan dalam rangka meningkatkan kualitas belajar membaca al-qur’an bagi santri. Bagi ustadz-ustadzah TPQ Al-Mubarokah sebagai masukan untuk menemukan pendekatan pengajaran yang lebih baik lagi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an melalui penerapan metode yanbu’a. Bagi orang tua santri sebagai masukan agar mendidik putra-putrinya dengan memberikan pengajaran Al-Qur’an. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagai penelitian lebih lanjut. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode yanbua terdiri atas 3 sesi kegiatan, yakni klasikal selama 15 menit, santri membaca bersama-sama menggunakan media papan peraga. Kedua adalah setoran individu selama 30 menit. Santri membaca dan disimak langsung oleh ustadz. Dan kegiatan ke tiga adalah materi tambahan. Durasi waktunya adalah 15 menit. Terkait faktor-faktor yang melatarbelakangi penerapan metode yanbua yakni metode ini dirasa dapat mewadahi keberagaman usia santri dan berusaha mewujudkan santri yang berkualitas dalam hal membaca al-quran. Di dukung oleh faktor sarana prasarana yang memadai serta minat santri yang besar untuk belajar al-quran, hambatan muncul ketika santri tidak hadir setiap hari ke TPQ disebabkan oleh lingkungan pertemanan. Teman yang tidak mengenal waktu dan tidak dikenalkan ilmu agama menyebabkan santri malas masuk TPQ dan memilih bermain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3216113101 SIGA PRAMUDANA
Date Deposited: 05 Apr 2017 06:53
Last Modified: 05 Apr 2017 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3939

Actions (login required)

View Item View Item