PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

ANGGA NURAUFA ZAMZAMI SAPUTRA, 2817123009 (2016) PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text
BAB I ANGGA fix.pdf

Download (182kB)
[img]
Preview
Text
BAB II ANGGA fix.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halman depan.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ANGGA fix.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV ANGGA fix.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Angga Nuraufa Zamzami Saputra: Penerapan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Muhamad Zaini, MA Kata Kunci : Metode Inquiry, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar dalam pembelajaran IPA yang masih rendah. Banyak peserta didik yang kurang konsentrasi ke materi pelajaran, pendidik hanya menggunakan buku paket dan metode ceramah dalam proses penyampaian materi. Pendidik mengakui merasa cukup sulit untuk memahamkan seluruh peserta didik karena setiap peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis yang berbeda-beda, keaktifan belajar yang rendah dan hasil belajar yang kurang optimal. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode inquiry dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Rumusan masalah skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan melalui penerapan metode inquiry peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan belajar pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan melalui penerapan metode inquiry peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan melalui penerapan metode inquiry peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan melalui penerapan metode inquiry peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. (2) Mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan melalui penerapan metode inquiry peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan melalui penerapan metode inquiry peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Penelitian ini bermanfaat bagi Kepala MI Darussalam Wonodadi Blitar, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu pengajaran yang optimal, bagi pendidik MI Darussalam Wonodadi Blitar untuk mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Bagi peserta didik MI Darussalam Wonodadi Blitar dapat dijadikan sebagai motivasi dalam belajar untuk meningkatkan hasil belajarnya, bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan masukan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, wawancara, pengamatan (observation), dokumentasi dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian: (1) Pembelajaran dengan menerapkan metode inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan, dibuktikan dengan rata-rata skor pada siklus I adalah 12,4 meningkat menjadi 12,98 pada siklus II dan prosentase siklus I adalah 77% meningkat menjadi 81% pada siklus II. (2) Pembelajaran dengan menerapkan metode inquiry dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan, dibuktikan dengan rata-rata skor siklus I adalah 62,02 meningkat menjadi 72,75. Sedangkan prosentase skor peserta didik kelas IV pada siklus I adalah 73,8% meningkat menjadi 82,7% pada siklus II. (3) Pembelajaran dengan menerapkan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar peserta kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan, dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar tes awal adalah 57 meningkat menjadi 67 pada tes akhir I (siklus I) meningkat menjadi 81 pada tes akhir II (siklus II). Sedangkan prosentase ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas IV pada tes awal adalah 27% meningkat menjadi 50% pada tes akhir I (siklus I) meningkat menjadi 82% pada tes akhir II (siklus II).

Item Type: Skripsi
Subjects: Artikel Dosen
Penelitian Dosen
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123009 angga
Date Deposited: 25 Oct 2016 07:05
Last Modified: 25 Oct 2016 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3840

Actions (login required)

View Item View Item