PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III SDN 03 JEPUN TULUNGAGUNG

Asdita Ro'isyatul Hasanah, 2817123019 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III SDN 03 JEPUN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1-SAMPUL.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta didik Kelas III Sekolah Dasar Negri 03 Jepun Tulungagung” ini ditulis oleh Asdita Ro’iyatul Hasanah, NIM: 2817123019, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Student Teams Achivement Division, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar peserta didik banyak mengalami kesulitan belajar, realitanya di Sekolah Dasar peserta didik selalu diberi pembelajaran dengan metode konvensional, sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar peserta didik relatif rendah. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan metode belajar yang tepat dan efektif, kreatif, dan menyenangkan yaitu model kooperatif diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peningkatan kemampuan kerjasama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) pada mata pelajaran IPS materi mengenal jenis-jenis pekerjaan pada peserta didik kelas III SDN 03 Jepun Tulungagung Tahun ajaran 2015/2016? dan 2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) pada mata pelajaran IPS materi jenis- jenis pekerjaan pada peserta didik kelas III SDN 03 Jepun Tulungagung Tahun ajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah:1) Untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) pada mata pelajaran IPS materi mengenal jenis- jenis pekerjaan pada peserta didik kelas III SDN 03 Jepun Tulungagung Tahun ajaran 2015/2016, dan 2) Untuk meningkatkan prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) mata pelajaran IPS materi mengenal jenis- jenis pekerjaan pada peserta didik kelas III SDN 03 Jepun Tulungagung Tahun ajaran 2015/2016. Adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebanyak dua siklus. Proses pelaksanaannya sendiri meliputi: (1) Menyusun perencanaan (planning), (2) Melaksanakan tindakan (acting),(3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III pada materi mengenal jenis- jenis pekerjaan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi jenis- jenis pekerjaan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata peserta didik dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu yang semula 69,23 (pre test), meningkat menjadi 71,15 (post test siklus I) dan meningkat lagi menjadi 80,00 (post test siklus II). Selain itu, peningkatan hasil belajar peserta didik juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas III Sekolah Dasar Negeri 03 Jepun Tulungagung. ABSTRACT Thesis with the title "Implementation of Cooperative Learning Model Student Teams Achievement Division to Improve Learning Outcomes Social Sciences Learners Class III State Elementary School 03 Jepun Tulungagung" was written by Asdita Ro'iyatul Hasanah, NIM: 2817123019, PGMI Department , Faculty of Tarbiyah and Teaching Science , IAIN Tulungagung, supervisor by Mohamad Zaini, M.A. Keywords: Student Teams Achievement Division, Learning Outcomes. This research is motivated by a reality that the teaching and learning activities in primary school learners with learning difficulties are many , the reality in primary school learners always be learning with conventional methods , which can result in learning outcomes of students relative low . In response to these problems , need to develop methods to learn appropriate and effective , creative , and fun is expected to improve the learning outcomes of students. The problem of this thesis are : 1 ) How to increase the ability of cooperation using cooperative learning model Student Teams Achievement Division ( STAD ) in social studies materials knowing the types of work in learners class III SDN 03 Jepun Tulungagung academic year 2015/2016 ? and 2 ) How to increase learning achievement using cooperative learning model Student Teams Achievement Division ( STAD ) in the subject matter IPS types of jobs in the third grade students of SDN 03 Jepun Tulungagung academic year 2015/2016 ? The purpose of this study are : 1 ) To improve cooperation by using cooperative learning model Student Teams Achievement Division ( STAD ) in social studies materials to know the types of jobs in the third grade students of SDN 03 Jepun Tulungagung 2015/2016 school year , and 2 ) to improve learning achievement using cooperative learning model Student Teams achievement Division ( STAD ) social studies materials to know the types of jobs in the third grade students of SDN 03 Jepun Tulungagung academic year 2015/2016 . The type of research that the researchers used was classroom action research because the problem is solved comes from classroom practice as much as two cycles . The implementation process itself include: ( 1 ) Develop a planning ( planning) , ( 2 ) Implement the action ( acting) , ( 3 ) Observation ( observing ) and ( 4 ) Reflection ( Reflection) . Goal of this research is the students of class III to the material to know the kinds of jobs . The data collection methods used in this research is a method of testing , observation , interviews , documentation and field notes . The results showed that the learning of Social Sciences using cooperative learning model Student Teams Achievement Division can improve learning outcomes of students in materials kinds of employment. This is indicated by the average value of learners seen from the first cycle to the second cycle that is original 69.23 (pre-test), increased to 71.15 (post test cycle I) and increased again to 80.00 (post test cycle II). In addition, the increase in the study of students can also be seen from the thoroughness of learners. Thus, to prove that the implementation of cooperative learning model Student Teams Achievement Division can improve learning outcomes of students in the subjects of Social Sciences class III State Elementary School 03 Jepun Tulungagung. مُلاَخَصٌ اَلْبَحْثُ اْلعِلْمِى بِالْمَوْضُوْعِ " تَطْبِيْقُ نَمَاذِجِ التَعْلِيْمِ التَعَاوَنِ"طُلاَبُ الْمَجْمُوْعَةِ فِرْقَةُ الْإِنْجَازِ" (STAD)لِتَرْقِيَّةِ نَتَائِجُ التَعْلِيْمُ عُلُوْمِ الْإِجْتِمَاعِي الطُلاَبُ فِي الصَفِ الثَالِثُ بِالْمِدْرَسَةِ اْلإِبْتِدَائِيَةِ الْحُكُوْمِيَةِ 03 جِيْبُوْن تولونج أجونج" الْكَاتِبَةُ هِيَ أسديتا راعية الحسنة، رَقْمُ دَفْتَرُ الْقَيِّدُ 2817123019، قِسْمُ تَعْلِيْمُ الْمُعَلِّمُ الُمدَرِّسَةُ اْلإِبْتِدَائِيَةُ، كُلِيَّةٌ التَرْبِيَة وَ عُلُوْمُ التَعْلِمِيَةِ، الجَامِعَةُ اْلإِسْلاَمِيَةَ الحُكُوْمِيَةُ تولونج أجونج. الُمشْرِفُ محمد زين الماجستير. الْكَلِمَاتُ اْلإِشَارِيَةُ: (طُلاَبُ الْمَجْمُوْعَةِ فِرْقَةُ اْلإِنْجَازِ) نَتَائِجُ التَعْلِيْمُ. خَلْفِيَةُ اْلبَحْثِ فِي هَذِهِ اْلكِتَابَةِ هِيَ حَقِيْقَةٌ فِي عَمَلِيَةِ تَعْلِيْمِ اْلُمتَعَلِمِ بِاْلَمدْرَسَةِ اْلإِبْتِدَائِيَةِ الطُلاَبُ كَثِيْرُ مِنْهُمْ يُجَرِّبُ الَتدْرِيْسُ الصُعُوْبَ، وَ الحَقِيْقَةُ الطُلاَبُ فِي الَمدْرَسَةِ اْلإِبْتِدَائِيَةِ تُعْطِي التَعْلِيْمُ بِالطَرِيْقَةِ التَقْلِيْدِيْ، حَتَى اَنْ تَكُوْنَ أَنْتَجَنَتِيْجَةُ التَدْرِيْسِ الطُلاَبِ وَضِيْعُ السَلْبِ. مِنْ الُمشْكِلاَتِ الَمذْكُوْرَةِ، لاَبُدَ أَنْ يُنَمِّى الطَرِيْقَةُ التَعْلِيْمُ بِسَدِيْدِ وَ فَعَّالِ، وَ اِبْتِكَارِى وَيَفْرَحُ وَ هِيَ نَمَاذِجُ التَعَاوُنِ الَّتِي تَرْجُوا أَنْ تَكُوْنَ لِتَرْقِيَةِ نَتَائِجِ التَعْلِيْمِ الطُلاَبِ. مَسَائِلُ البَحْثِ 1) كَيْفَ تَرْقِيَةُ القُدْرَةِ التَعَاوُنِ بِاسْتِخْدَامِ نَمَاذِجُ التَعَاوُنِ (طُلاَبُ الْمَجْمُوْعَةِ فِرْقَةُ الْإِنْجَازِ) فِي الدَرْسِ عُلُوْمِ اْلإِجْتِمَاعِي بِالماَدَةِ "عَرَفَ أَنْوَاعُ اْلعَمَلَ" الطُلاَبُ فِي الصَفِ الثَالِثُ الَمدْرَسَةُ الْإِبْتِدَائِيَةُ الحُكُوْمِيَةُ 03 جيبون تولونج أجونج لِلْعَامِ الدِرَاسِي 2015/ 2016؟ 2) كَيْفَ تَرْقِيَةُ اْلإِنْجَازِبِاسْتِخْدَامِ نَمَاذِجُ التَعَاوُنِ (طُلاَبُ الْمَجْمُوْعَةِ فِرْقَةُ اْلإِنْجَازِ) فِي الدَرْسِ عُلُوْمِ الْإِجْتِمَاعِي بِالماَدَةِ "لمعْرِفَةُ أَنْوَاعُ اْلعَمَلَ" الطُلاَبُ فَي الصَفِ الثَالِث الَمدْرَسَةُ الْإِبْتِدَائِيَةُ الحُكُوْمِيَةُ 03 جيبون تولونج أجونج لِلعَامِ الدِرَاسِي 2015/ 2016؟. أَهْدَافُ البَحْثِ 1) لِتَرْقِيَةِ القُدْرَةِ التَعَاوُنِ بِاسْتِخْدَامِ نَمَاذِجُ التَعَاوُنِ (طُلاَبُ الْمَجْمُوْعَةِ فِرْقَةُ اْلإِنْجَازِ) فِي الدَرْسِ عُلُوْمِ الْإِجْتِمَاعِي بِاْلماَدَةِ "عَرَفَ أَنْوَاعُ اْلعَمَلَ" الطُلاَبُ فِي الصَفِ الثَالِث الَمدْرَسَةُ اْلإِبْتِدَائِيَةُ اْلحُكُوْمِيَةُ 03 جيبون تولونج أجونج لِلْعَامِ الدِرَاسِي 2015/ 2016 . 2) لِتَرْقِيَةِ اْلإِنْجَازِ بِاسْتِخْدَامِ نَمَاذِجِ التَعَاوُنِ (طُلاَبُ الْمَجْمُوْعَةِ فِرْقَةُ اْلإِنْجَاِزِ) فِي الدَرْسِ عُلُوْمِ اْلإِجْتِمَاعِي بِالماَدَةِ"المعْرِفَةُ أَنْوَاعُ اْلعَمَلِ" الطُلاَبُ فِي الصَفِ الثَالِث الَمدْرَسَةِ الْإِبْتِدَائِيَةُ الحُكُوْمِيَةُ 03 جيبون تولونج أجونج لِلْعَامِ الدِرَاسِي 2015/ 2016 . مَنْهَاجُ اْلبَحْثِ الَتِي تَسْتَخْدِمُ الْبَاحِثَةُ البَحْثَ إِجْرَأَتَ الفُصُوْلِ لِأَنَّ الُمشْكِلاَتِ مِنْالإِجْرَاءِ التَعْلِيْمِ فِي الفَصْلِ بِقَدَرِ دَوْرَتَيْنِ. عَمَلِيَةُ العَمَلَ مِنْهَا: (1) يُرَتِّبُ الُمخَطَّطِ، (2) يُنَفِّدُ اْلإِجْرَاتِ، (3) الُملاَحَظَةُ (4) صُوْرَةُ العَاكِسَةِ. أَهْدَافُ البَحْثُ هُوَ الطُلاَبُ فِي الصَفِ الثَالِث بِالماَدَةِ "لمعْرِفَةُ أَنْوَاعُ العَمَلَ". أَنَّ طَرِيْقَةَ جَمْعُ اْلَحقَائِقَ وَ هُوَ الإِخْتِبَارَاتُ، الْمُلاَحَظَةُ، الْمُقاَبَلَةُ، الوَاثِقَةُ وَ مَلْحُوْظَةُ الَميْدَانِ. نَتَائِجُ البَحْثِ فِي هَذَا البَحْثِ يَدُلُّ أَنْ التَعْلِيْمَ عُلُوْمِ اْلإِجْتِمَاعِي بِاسْتِخْدَامِ نَمَاذِجِ التَعْلِيْمِ التَعَاوُنِ طُلاَبُ الْمَجْمُوْعَةِ فِرْقَةُ اْلإِنْجَازِ أَنْ تَكُوْنَ تَرِقَيَةَ نَتَائِجُ الطُلاَبُ التَدْرُسُ فِي الماَدَةِ "عَرَفَ أَنْوَاعُ العَمَلَ". وَ كَانَ يَدُلُّ اْلقَدَرُ بِمُعَدَّلٍ الطُلاَبُيَرُوا مِنْ دَوْرَةِ اْلأُوْلَى إِلَى دَوْرَةِ الثَانِي يَعْنِي مِنْ 69،23 (قَبْلَ الْإِخْتِبَارِ) (pre test)، يَزِيْدُ أَنْ يَكُوْنَ 71،15 ( الْإِخْتِبَارُ دَوْرَةُ اْلأُوْلَى( (post test siklus I)وَ يَزِيْدُ أَنْ يَكُوْنَ 80،00 ( الْإِخْتِبَارُ دَوْرَةُ الثَانِي) (post test siklus II). وَ ارْتَفَعُ نَتَائِجُالطُلاَبُ التَدْرُسُ يَكُوْنُ أَنْ يَرُوا مِنْ حُصُوْلِ الطُلاَبِ التَدْرِسَ. وَ هَكَذَا، أَثْبَتُ أَنْ تَطْبِيْقَ نَماَذِجَ التَعْلِيْمِ التَعَاوُنِ (طُلاَبُ الْمَجْمُوْعَةِ فِرْقَةُ الْإِنْجَازِ) تَكُوْنُ أَنْ تَرْقِيَةَ نَتَائِجُ التَعْلِيْمِ عُلُوْمِ الْإِجْتِمَاعِي الطُلاَبُ فِي الصَفِ الثَالِث بِالْمَدْرَسَةِ الإِبْتِدَائِيَةِ الحُكُوْمِيَةِ 03 جيبون تولونج أجونج.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Umum
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd.I 2817123019 Asdita Ro'iyatul Hasanah
Date Deposited: 18 Aug 2016 08:02
Last Modified: 18 Aug 2016 08:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3550

Actions (login required)

View Item View Item