STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTsN TULUNGAGUNG

ANA ISNAINI SHOLIHAH, 2811123052 (2016) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTsN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. Cover Luar.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Cover Dalam dst.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di MTsN Tulungagung” ini ditulis oleh Ana Isnaini Sholihah, NIM. 2811123052, dibimbing oleh Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Kata Kunci : Strategi, Perencanaan, Pembelajaran, Evaluasi, Akidah Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran akidah akhlak dengan menerapkan beberapa metode pembelajaran guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Adanya beberapa sebab yang mengakibatkan turunnya prestasi belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran akidah akhlak sehingga perlu dikaji secara khusus untuk mencari solusinya. Mulai dari kurang minatnya siswa terhadap pelajaran akidah akhlak yang dianggap membosankan bahkan meremehkan mata pelajaran akidah akhlak yang dianggap sangat mudah, hingga adanya kesalahan atau kurang tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu dikaji strategi pembelajaran yang tepat yang bisa menarik perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran akidah akhlak dan strategi pembelajaran yang dapat membuat proses pembelajaran akidah akhlak lebih efektif dan efiseien, sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di MTsN Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan guru mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di MTsN Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di MTsN Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan guru mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di MTsN Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan guru mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di MTsN Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan evaluasi guru mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di MTsN Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Tulungagung sebagai bahan laporan atau sebagai pedoman dalam mengambil kebijakan tentang strategi yang digunakan dalam proses pemeblajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII, bagi para pendidik khususnya guru akidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Tulungagung untuk mengetahui strategi yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran akidah akhlak di kelas VII, baik dari segi perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII tersebut, dan bagi peneliti yang akan datang hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian penunjang untuk meneliti hal-hal yang berkaitan dengan topik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di MTsN Tulungagung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsure yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil Penelitian ini adalah : (1) Perencanaan guru mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN Tulungagung, sebelum melaksanakan proses pembelajaran agar prestasi belajar siswa meningkat yaitu dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Selain itu juga ada prota (program tahunan), promes (program semester) dan juga silabus. Dalam penyusunannya, RPP disusun dari silabus yang ada dan kurikulum yang diterapkan di MTsN Tulungagung yaitu K13. Di dalam RPP telah direncanakan dan dipersiapkan mengenai materi yang akan diajarkan, strategi dan metode yang akan diterapkan, sumber pembelajaran yang akan dipakai, media pembelajaran yang akan digunakan, tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, langkah-langkah pembelajarannya hingga penilaiaan yang akan digunakan. Hal ini bertujuan agar proses pembelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN Tulungagung dapat berlangsung lebih efektif dan efisien sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat karena proses pembelajarannya telah terstruktur dan dipersiapkan dengan baik. (2) Dalam pelaksanaannya, proses pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII MTsN Tulungagung menggunakan paduan dari strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran interaktif. Dan dalam menerapkan kedua strategi tersebut diperlukan beberapa metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode pembelajaran ceramah, metode tanya jawab, metode kisah, dan pemberian tugas. Dari kedua strategi pembelajaran itu digunakan berbagai macam metode untuk saling melengkapi kekurangan masing-masing metode pembelajaran sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan efektif dan efisien. Namun demikian ada beberapa kendala-kendala yang dialami seperti halnya adanya kemoloran dalam pengumpulan tugas siswa yang telah diberikan oleh guru, sehingga materi pelajaran berikutnya juga terancan mundur. Hal ini disikapi dengan pembahasan soal bersama-sama dan langsung diambil nilainya, sehingga siswa jera untuk menundanya. (3) Evaluasi pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN Tulungagung dengan cara penilaian sikap sprititaul, sikap sosial, pengetahuan, dan ketrampilan. Hal ini sesuai dengan penilaian yang diterapkan dalam K13. Penilaian tersebut telah mencakup penilaian dari segi nilai akademik siswa kelas VII MTsN Tulungagung dalam mata pelajaran akidah akhlak dan juga nilai perilaku dan sikap siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain siswa diharapkan memiliki prestasi akademis yang baik dan berakhlakul karimah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123052 ANA ISNAINI SHOLIHAH
Date Deposited: 05 Aug 2016 07:27
Last Modified: 05 Aug 2016 07:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3442

Actions (login required)

View Item View Item