Pengaruh Metode Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Ngantru Tahun Ajaran 2013/2014

Khur, Rahmi, Yuni Fita (2014) Pengaruh Metode Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Ngantru Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. AWAL.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I-V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Giving Question and Getting Answer, Hasil Belajar Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh anggapan bahwa pelajaran matematika sebagai bidang studi yang sulit. Hal ini dipengaruhi juga oleh metode yang digunakan guru tidak memperhatikan keaktifan siswa dalam belajar. Aktifitas yang terjadi di dalam kelas seharusnya memberikan ruang kepada siswa untuk berpikir, bertanya maupun mengeluarkan pendapat. Selain itu siswa juga harus diberi kesempatan untuk belajar tidak hanya dari guru, tetapi juga bisa belajar dari lingkungan sekitarnya seperti teman sebayanya. Salah satu metode yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam kelas dan membiasakan siswa berpikir kritis dan berani menyampaikan pendapat adalah metode pembelajaran giving question and getting answer. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran giving question and getting answer terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Ngantru tahun ajaran 2013/2014?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran giving question and getting answer terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Ngantru tahun ajaran 2013/2014. Skripsi ini bermanfaat Bagi Kepala MTsN Ngantru, dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan khususnya dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga prestasi belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan. Bagi siswa, dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru sehingga tujuan dari pembelajaran yang telah ditetapkan akan tercapai. Bagi guru, sebagai masukan penerapan salah satu alternatif metode pembelajaran agar tercipta suasana pembelajaran aktif dan efisien. Bagi peneliti lain, sebagai bahan perbandingan untuk mengadakan penelitian dengan metode pembelajaran sejenis Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Ngantru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Sampel yang digunakan berjumlah 75 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran giving question and getting answer, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Uji prasyarat analisis xv data menggunakan uji normalitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran giving question and getting answer terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai thitung = 3,183 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung ˃ ttabel (5%). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan metode giving question and getting answer terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Ngantru tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2014 07:59
Last Modified: 04 Dec 2014 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item