PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM (Studi Multikasus di SMPN 1 Gondang dan MTsN Tulungagung)

Alex Yohana Husna, 2846134001 (2016) PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM (Studi Multikasus di SMPN 1 Gondang dan MTsN Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWWAL.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (138kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pemanfaatan Media Berbasis Elektronik dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Agama Islam (Studi multikasus di SMPN 1 Gondang dan MTsN Tulungagung)” ini ditulis oleh Alex Yohana Husna dengan dibimbing oleh Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag dan Dr . H. Nurkholis, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Media Berbasis Komputer dan Internet, Kualitas Belajar, Pembelajaran Agama Islam Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pembelajaran agama Islam yang hanya menggunakan media klasik saja di dalam proses pembelajarannya. Perkembangan teknologi informasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang hampir tidak pernah lepas dari keseharian masyarakat di berbagai belahan dunia tentunya juga sangat potensial dijadikan sebagai media berbagi infomasi, atau sebaliknya yaitu dijadikan sebagai media mendapatkan infomasi yang tepat. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana pemanfaatan komputer dan internet oleh guru di MTsN Tulungagung dan SMPN 1 Gondang, dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran Agama Islam?; (2) Bagaimana pemanfaatan komputer dan internet oleh siswa di MTsN Tulungagung dan SMPN 1 Gondang dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran Agama Islam?;(3) Bagaimana implikasi penggunaan komputer dan internet dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Agama Islam di MTsN Tulungagung dan SMPN 1 Gondang? Penelitian ini ditulis dengan menggunakn rancangan penelitian studi multi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif dimana peneliti berkedudukan sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan tenik analisisnya menggunakan analisis kasus tunggal yang dilanjutkan dengan analisis lintas kasus, serta dalam pemerikasaan keabsahan datanya menggunakan kredibilias, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menggunakan media berbasis komputer dan internet yang di terapkan di SMPN 1 Gondang dan MTsN Tulungagung adalah pembelajaran yang terintegrasi. Guru dalam pembelajaran agama Islam memadukan penyampaian materi dengan menggunakan media berbasis komputer dan internet untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas. (2) Media berbasis komputer dan internet dimanfaatkan siswa di SMPN 1 Gondang dan MTsN Tulungagung sebagai suplemen dan komplemen untuk menigkatkan serta pemahaman terhadap materi belajar. (3) Pembelajaran agama Islam memerlukan motivasi, kreatifitas, serta interaksi yang bisa dilakukan dengan menggunakan media berbasis komputer dan internet supaya bisa berjalan efektif dan efisien

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2846134001 Alex Yohana Husna
Date Deposited: 26 Jan 2016 06:08
Last Modified: 26 Jan 2016 06:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3202

Actions (login required)

View Item View Item