PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 2 POGALAN TRENGGALEK

FARIS TAMIMY, 3214053011 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 2 POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tamimy, Faris. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi SPLDV Kelas VIII B di SMP Negeri 2 Pogalan Trenggalek. Skripsi, Program Studi Tarbiyah Matematika, IAIN Tulungagung.Pembimbing: Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Pembelajaran Tutor Sebaya, Prestasi Belajar Siswa, SPLDV. Materi SPLDV merupakan materi yang tergolong sulit. Untuk memahaminya perlu menggunakan model pembelajaran yang sesuai, yang dapat memacu aktivitas belajar siswa sehingga nantinya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, misalnya dengan pembelajaran koperatif. Pembelajaran memiliki beberapa metode, salah satunya adalah pembelajaran Tutor Sebaya. Melalui pembelajaran Tutor Sebaya, siswa dilatih untuk bekerjasama, mampu berinteraksi, serta memiliki tanggungjawab tidak hanya terhadap dirinya sendiri, melainkan juga tanggung jawab terhadap kelompok. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Adakah pengaruh pembelajaran Tutor Sebaya yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada pokok bahasan SPLDV siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Pogalan Trenggalek Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran Tutor Sebaya yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada pokok bahasan SPLDV siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Pogalan Trenggalek Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pogalan Trenggalek pada bulan April 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan tiga siklus tindakan. Setiap siklus meliputi rencana tindakan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dengan jumlah 25 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Proses pembelajaran berlangsung dengan mengikuti langkah-langkah pembelajaran Tutor Sebaya. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan angket. Ketuntasan belajar siswa dicapai bila siswa memperoleh nilai 65 atau lebih. Hasil penelitian yaitu: 1) pada tahap I ketuntasan belajar klasikal sebesar 40%, kemudian mengalami peningkatan pada tahap II yaitu sebesar 60 %, dan meningkat lagi pada tahap III sebesar 80 %. Dari hasil peningkatan ketuntasan belajar siswa tersebut menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung, 2) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya yaitu tahap I terhitung persentase sebesar 66,7 %, tahap II menjadi 73,6 %, dan tahap III meningkat menjadi 80,6 %. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Pogalan Trenggalek Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran-saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) hendaknya selalu memberi strategi baru dalam pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat, 2) guru disarankan agar melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk lebh mengenal secara mendalam permasalahan dalam proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214053011 FARIS TAMIMY
Date Deposited: 25 Feb 2016 03:08
Last Modified: 25 Feb 2016 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3120

Actions (login required)

View Item View Item