Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery (Penemuan Terbimbing) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung

Arifin, Khoirul (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery (Penemuan Terbimbing) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bagian inti.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (19kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Guided Discovery, Hasil Belajar, Lingkaran Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa mengenai model pembelajaran yang masih konvensional yang menjadikan siswa kurang aktif dan kreatif. Dalam hal ini peneliti ingin menghubungkan masalah model pembelajaran dengan hasil belajar di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan berapa besar pengaruh model pembelajaran Guided Discovery terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumbergempol Tulunggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen. Data siswa diperoleh dari data semester II tahun ajaran 2013/2014. Dalam eksperimen ini peneliti menggunakan model quasi eksperimental design, desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Teknik pengambilan sampel penelitan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa dua kelas di SMPN 2 Sumbergempol yaitu VIII – H dan VIII – I, dimana kelas VIII – H sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas VIII – I sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery. Mata pelajaran yang diteliti adalah matematika dengan lingkaran yakni pokok bahasannya adalah menghitung keliling dan luas lingkaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa, Pada pengujian hipotesis menggunakan independent samples t-test, data hasil post tes diperoleh nilai thitung 2,28 > ttabel (2.018) yang menunjukkan Ada pengaruh model Pembelajaran Guided Discovery (Penemuan Terbimbing) terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Berdasarkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 80,909 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 75,277 sehingga diperoleh selisih sebesar 5,68 dapat diketahui besarnya pengaruh model Pembelajaran Guided Discovery (Penemuan Terbimbing) terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung adalah sebesar 0,72, di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s maka 76%. Berdasarkan tabel interpretasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh model Pembelajaran Guided Discovery (Penemuan Terbimbing) terhadap hasil belajar Siswa termasuk dalam kategori tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 03 Dec 2014 03:46
Last Modified: 03 Dec 2014 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item