Penggunaan CD Interaktif Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas VIII B MTs Darul Huda Wonodadi

Sofingatun, Sofingatun (2014) Penggunaan CD Interaktif Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas VIII B MTs Darul Huda Wonodadi. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB II OK.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.OK SIAPdocx.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V OK .pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
revisi bab I.ok docx.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER JADI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran .pdf

Download (572kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: CD Interaktif, Pemahaman Siswa, Bangun Ruang Kubus Dan Balok. Penelitian dalam skripsi ini dilandasi oleh adanya anggapan dari sebagian besar siswa bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit sehingga prestasi siswa untuk pelajaran matematika sebagian besar mengalami kegagalan. Sedangkan metode pembelajaran yang diterapkan kurang menarik bervariasi, banyak guru yang masih menggunakan metode ceramah dan kurang memanfaatkan media yang ada sehingga siswa menjadi tidak memperhatikan materi yang berakibat pemahaman siswa kurang maksimal. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika dilakukan dengan cara diterapkannya metode ceramah dengan menggunakan media CD Interaktif. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan CD Interaktif pada pembelajaran matematika di kelas VIII B MTs Darul Huda Wonodadi. 2) Untuk mendeskripsikan hasil peningkatan pemahaman pada pembelajaran matematika melalui penggunaan CD Interaktif di kelas VIII B MTs Darul Huda Wonodadi. Penelitian ini menggunakan metode tes, wawancara, observasi, catatan lapangan. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa tentang materi. Tes ini berupa tes awal dan tes akhir. Tes awal untuk mengetahui pemahaman konsep siswa sebelum di berikan tindakan. Sedangkan post tes digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep setelah diberikan tindakan. Observasi untuk melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika. Disini yang diamati adalah aktifitas siswa dan kegiatan guru. Wawancara dilakukan kepada siswa dan kepada guru bidang studi matematika untuk mencari tahu informasi–informasi yang mendukung pengumpulan data. Langkah-langkah Penggunaan CD Interaktif dalam pembelajaran Matematika yaitu: 1) peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa untuk belajar, 2) Peneliti memutarkan CD Interaktif tentang materi bangun ruang, 3) Membimbing siswa yang kurang faham terhadap materi dan memberi pertanyaan untuk mengoreksi kesalahan pemahaman konsep siswa tentang luas permukaan dan volume kubus dan balok , 4) Bersama siswa mengambil kesimpulan dari materi yang ada dalam CD Interaktif, 5) Siswa diberikan soal-soal untuk menilai pemahaman siswa. xix Berdasarkan hasil penelitian, Penggunaan CD Interaktif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika siswa kelas VIII B MTs Darul Huda Wonodadi. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pemahaman konsep belajar siswa yang cukup memuaskan tiap siklusnya. Hal tersebut dapat diketahui dari indikator keberhasilan yang berupa nilai pemahaman konsep berdasarkan tes siswa. Nilai rata-rata pemahaman konsep belajar pada tes akhir siklus I adalah 73,25 yang berada pada kriteria cukup, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 94,31 dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 21,06. Sedangkan siswa yang tuntas KKM pada siklus I adalah 67, 85% dan meningkat pada siklus II yaitu 100 %. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara dengan siswa juga menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih senang dalam mengikuti pembelajaran matematika dan termotivasi dengan penggunaan CD Interaktif dalam pembelajaran matematika. Hal ini terjadi karena suasana, materi dan pengajaranya berbeda dari biasanya. Sedangkan dari hasil observasi menunjukkan peningkatan aktivitas siswa yang mulanya pada kategori kurang menjadi baik dan aktivitas guru yang mulanya pada kategori cukup meningkat menjadi sangat baik

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 03 Dec 2014 03:17
Last Modified: 03 Dec 2014 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item View Item