Pengaruh Kreativitas Dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

Fauziyah, Aidatul (2014) Pengaruh Kreativitas Dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
(11)ABSTRAK.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(a)DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (275kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Kreativitas, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh realitas, bahwa pendidikan dalam era sekarang mengharapkan siswa untuk mampu mengembangkan kreativitasnya dalam mengkonstruksikan pengetahuan dan pemahamannya terutama dalam mata pelajaran matematika. Selain itu, emosi siswa pada masa remaja masih labil dalam mengambil keputusan, dari sini dapat dilihat kecerdasan emosional siswa juga berperan penting dalam keberhasilan siswa. Dalam hal ini peneliti ingin melihat adakah pengaruh kreativitas dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar terutama pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar matematika pada materi garis singgung lingkaran pada siswa kelas VIII MTsN Karangrejo, 2) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada materi garis singgung lingkaran pada siswa kelas VIII MTsN Karangrejo, 3) untuk mengetahui pengaruh antara kreativitas dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada materi garis singgung lingkaran pada siswa kelas VIII MTsN Karangrejo Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Karangrejo dan sebanyak 36 siswa sebagai sampel berdasarkan cluster random sampling. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data tentang kreativitas siswa dan kecerdasan emosional (EQ). Sedangkan metode tes digunakan untuk mendapatkan nilai murni hasil belajar matematika pada materi garis singgung lingkaran. Dan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data terkait dengan keadaan siswa dan madrasah. Setelah data diperoleh selanjutnya diadakan beberapa analisis untuk menjawab hipotesis. Dalam hal ini penulis menggunakan rumus analisis regresi berganda. Sebelum menganalisis dengan regresi berganda, maka diadakan uji prasarat yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji asumsi klasik. Berdasarkan analisis data didapatkan: 1) nilai (11,677) > (5%= 4,13), yang berarti bahwa ada pengaruh tingkat kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika, 2) nilai (0,538) < (5%= 4,13), yang berarti bahwa tidak ada pengaruh tingkat kecerdasan emosional siswa tidak terhadap hasil belajar matematika, 3) nilai (6,174) > (5%= 3,28), yang berarti bahwa tingkat kreativitas siswa dan tingkat kecerdasan emosional secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika. xvi Sedangkan persentase pengaruh kreativitas dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap hasil belajar matematika didapatkan 27,2% , dan sisanya 72,8% dipengaruhi oleh variabel lain selain kreativitas dan kecerdasan emosional (EQ) siswa. Kriteria persentase pengaruhnya yaitu 27,2% dalam kategori rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan kreativitas dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada materi garis singgung lingkaran siswa kelas VIII MTsN Karangrejo tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian selanjutnya hendaknya peneliti memilih sampel yang lebih tepat dan menggunakan data sampel sesuai keadaan sampel itu sendiri

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2014 03:25
Last Modified: 30 Sep 2014 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item View Item