PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAHMATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 PANGGUNGREJO KABUPATEN BLITAR

HASANAH, NAFI'ATUN (2015) PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAHMATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 PANGGUNGREJO KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II edit.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV edit.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN fixs.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
1. SAMPUL WORD.docx

Download (75kB)

Abstract

ABSTRAK Nafi’atun Hasanah, 3214113123, 2015, “Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Barisan dan Deret Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Panggungrejo Kab. Blitar Tahun 20114/2015”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Proses Berpikir, Gaya Kognitif, Barisan Dan Deret Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dan siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika khususnya pada materi barisan dan deret. Sehingga diperlukan strategi atau metode yang sesuai dengan siswa agar siswa mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan soal matematika. Untuk memilih strategi maupun metode yang sesuai guru perlu mengetahui proses berpikir siswa. Karakteristik siswa, yang dikenal dengan gaya kognitif juga dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami dan memandang masalah dalam matematika. Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian terkait proses berpikir yang ditinjau dari gaya kognitif siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi barisan dan deret ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Panggungrejo Blitar tahun 2014/2015? 2) Bagaimanakah proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi barisan dan deret ditinjau dari gaya kognitif Field Independent pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Panggungrejo Blitar tahun 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Tes, 2) Wawancara, 3) Observasi, 4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Berdasarkan hasil penelitian, proses berpikir siswa kelas XI SMK Negeri 1 Panggungrejo Kabupaten Blitar yang bergaya kognitif Field Dependent cederung memiliki proses berpikir semikonseptual. Proses berpikir semikonseptual adalah proses berpikir yang cenderung menyelesaikan suatu soal dengan menggunakan konsep tetapi mungkin karena pemahamannya terhadap konsep tersebut belum sepenuhnya lengkap maka penyelesaiannya dicampur dengan cara penyelesaian yang menggunakan intuisi. 2) Berdasarkan hasil penelitian, proses berpikir siswa kelas XI SMK Negeri 1 Panggungrejo Kabupaten Blitar yang bergaya kognitif Field Independent cederung memiliki proses berpikir konseptual. konseptual adalah proses berpikir yang selalu menyelesaikan soal dengan menggunakan konsep yang telah dimiliki berdasarkan hasil pelajarannya selama ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: NAFI'ATUN HASANAH
Date Deposited: 17 Dec 2015 02:48
Last Modified: 17 Dec 2015 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2788

Actions (login required)

View Item View Item