UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA Al-QUR’AN SISWA DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

TAUVIK, ZAMZAM ROSNA (2015) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA Al-QUR’AN SISWA DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (249kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN ZAM.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ZAM ZAM ROSNA TAUVIK, NIM. 3211113183.Dosen Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, MA. Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Kata Kunci: Upaya Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi pada anak remaja khususnya dikalangan pelajar yang kurang mampu dan kurang ada minat dalam membaca Al-Qur’an, apalagi jika keadaan ini terjadi pada anak disebuah lembaga pendidikan yang berciri khas Islam. Sungguh memprihatinkan potret pelajar saat ini. Hal ini perlu menjadi perhatian khusus dari berbagai pihak, terutama pihak sekolah dan orang tua siswa untuk mendidik dan lebih mengarahkan mereka seperti yang dilakukan oleh MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah (1).Bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kelancaran Baca Al-Qur’an Siswa di MTs Al Huda Bandung? (2).Bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kefasihan Baca Al-Qur’an Siswa di MTs Al Huda Bandung? (3).Bagaimana faktor pendukung dan penghambat beserta solusinya dalam meningkatkan kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa di MTs Al Huda Bandung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1).Untuk mengetahui upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kelancaran Baca Al-Qur’an Siswa di MTs Al Huda Bandung (2).Untuk mengetahui upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kefasihan Baca Al-Qur’an Siswa di MTs Al Huda Bandung (3).Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat beserta solusinya dalam meningkatkan kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa di MTs Al Huda Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa 1).Upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kelancaran Baca Al-Qur’an Siswa di MTs Al Huda Bandung yaitu: mengingatkan dengan memberi teguran, adanya pemberian motivasi, bekerjasama dengan lembaga dan instansi lain (2). Upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kelancaran Baca Al-Qur’an Siswa di MTs Al Huda Bandung yaitu : menggunakan metode klasikal, memantaukemampuan secara berkala, pendalaman melalui ekstrakurikuler (3).Faktor yang menjadi pendukungnya adalah, disiplin sekolah, tersedianya sarana prasarana,dan faktor penghambatnya adalah, kurangnya kesadaran siswa dalam membaca Al-Qur’an, kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua.Adapun solusinya adalah pemberian nasehat terus-menerus, memberikan himbauan kepada orang tua siswa, mengganti kegiatan pada hari lain dengan alokasi waktu yang lebih lama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ZAMZAM ROSNA TAUVIK
Date Deposited: 27 Nov 2015 06:38
Last Modified: 27 Nov 2015 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2778

Actions (login required)

View Item View Item