PENERAPAN METODE TAHFIDZ DAN IMLA’ SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MTsN KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

FUAD, NADHIFATUL (2011) PENERAPAN METODE TAHFIDZ DAN IMLA’ SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MTsN KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB 1.revisi.doc

Download (97kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (382kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (207kB)
[img] Text
BAB VI revisi.doc

Download (115kB)
[img] Text
daftar rujukan.doc

Download (43kB)
[img] Text
cover depan.doc

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV. revisi.doc

Download (26MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam sebuah proses belajar pada sekolah, mengalami kesulitan belajar terlebih pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Kesulitan belajar dapat timbul berbagai faktor. Permasalahan harus ditindak lanjuti secara saksama, untuk memperbaiki keberhasilan belajar siswa secara optimal. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan metode tahfidz dan imla’ sebagai alternatif meningkatkan pemahaman mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTsN Karangrejo tahun pelajaran 2010/2011 ?. 2) Apakah faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam penerapan metode tahfidz dan imla’ sebagai alternatif meningkatkan pemahaman mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTsN Karangrejo tahun pelajaran 2010/2011 ?. 3) Bagaimana hasil penerapan metode tahfidz dan imla’ sebagai alternatif meningkatkan pemahaman mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTsN Karangrejo tahun pelajaran 2010/2011 ? . Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan metode tahfidz dan imla’ sebagai alternatif meningkatkan pemahaman mata pelajaran Al- Qur’an Hadist di MTsN Karangrejo Tahun Pelajaran 2010/2011. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mendukung dan menghambat penerapan metode tahfidz dan imla’ sebagai alternatif meningkatkan pemahaman mata pelajaran Al- Qur’an Hadits di MTsN Karangrejo Tahun Pelajaran 2010/2011. 3) Untuk mengetahui hasil yang dicapai dalam penerapan metode tahfidz dan imla’ sebagai alternatif meningkatkan pemahaman mata pelajaran Al- Qur’an Hadits di MTsN Karangrejo Tahun Pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di MTsN Karangrejo. Prosedur pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Kemudian keabsahan temuan di cek dengan cara trianggulasi dan Pembahasan teman sejawat. Hasil temuan peniliti: 1) Penerapan metode tahfidz dan imla’ ada dua tahapan yaitu klasik dan privat. 2) Faktor yang mendukung dan menghambat dalam penerapan metode tahfidz dan imla’ yang dialami dalam praktiknya, telah terdeteksi dan dapat teratasi, serta terealisasi dengan baik. 3) Hasil penelitian adalah bahwa penerapan metode tahfidz dan imla’ memiliki keefektifan dengan melihat presentase rata-rata nilai kelas dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 21 Sep 2015 02:22
Last Modified: 21 Sep 2015 02:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item View Item