KORELASI ANTARA METAKOGNITIF SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS VIII SMPN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG

YULAIKHAH, FITRI (2011) KORELASI ANTARA METAKOGNITIF SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS VIII SMPN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB Icvxbf.doc

Download (157kB)
[img] Text
BAB II revisi.doc

Download (180kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (123kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (4MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (145kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh siswa yang mempunyai kesadaran belajar sangat minim. Siswa belum mandiri dalam mengerjakan soal-soal matematika. Mereka hanya mengandalkan siswa lain yang mempunyai kemampuan lebih. Hal ini disebabkan bukan karena siswa yang kurang pandai, namun siswa belum bisa mengembangkan metakognisinya. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui seberapa besar tingkat metakognisi siswa dengan menggunakan pengenaan angket yang selanjutnya dikorelasikan dengan prestasi belajar matematika. Permasalahan: 1. Bagaimanakah tingkat metakognitif siswa kelas VIII SMPN 1 Bandung Tulungagung dalam pembelajaran matematika? 2. Bagaimanakah tingkat prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Bandung Tulungagung? 3. Adakah korelasi antara metakognitif siswa dengan prestasi belajar matematika pada kelas VIII SMPN 1 Bandung Tulungagung? Tujuan penelitian: 1. Mengetahui tingkat metakognitif siswa kelas VIII SMPN 1 Bandung Tulungagung dalam pembelajaran matematika. 2. Mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Bandung Tulungagung. 3. Mengetahui korelasi antara metakognitif siswa dengan prestasi belajar matematika pada kelas VIII SMPN 1 Bandung Tulungagung. Pola penelitian:1. Penelitian Kuantitatif, 2. Penelitian Korelatif, 3.Penelitian Deskriptif. Populasi: Semua siswa kelas VIII SMPN 1 Bandung Tulungagung tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 330 siswa. Sampling: Proportional random sampling. Sampel: 81 siswa. Variabel Peneletian: 1.Variabel Bebas: metakognitif siswa.2. Variabel Kontrol : prestasi belajar matematika siswa. Pengukuran Variabel: metakognitif siswa dengan menggunakan angket. Sumber Data: responden dan dokumentasi. Metode Pengumpulan Data : Metode oservasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik Analisis Data: Menggunakan analisis deskriptif korelasional, uji hipotesis dan metode induktif dengan bantuan statistik melalui rumus Korelasi Product-Moment. Hasil Penelitian: 1. Metakognitif siswa kelas VIII SMPN 1 Bandung Tulungagung sangatlah bervariasi dengan sampel 81 bila dirata-rata skornya adalah 55,4938 dengan kriteria “Sedang”. 2. Prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Bandung Tulungagung juga bervariasi dengan sampel 81 dengan rata-rata 80,5679 termasuk kriteria “Tinggi”.3. Ada pengaruh positif yang signifikan antara metakognitif siswa dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 1 Bandung Tulunggung dengan koefisien korelasi rhitutng 0,461 sedangkan rtabel 0,286 pada taraf signifikasi 1%, sehingga tingkat signifikansinya “Sangat tinggi”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 21 Sep 2015 01:18
Last Modified: 21 Sep 2015 01:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2299

Actions (login required)

View Item View Item