PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

ROHMAWATI, FAJAR (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Rohmawati Fajar. Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Tulungagung. Dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd, MM. Kata kunci: creative problem solving (CPS), media visual, hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di Indonesia yang dominan siswa melakukan kegiatan belajar berupa menghafal tanpa dibarengi dengan pengembangan kemampuan pemecahan masalah. Salah satu metode pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa berlatih memecahkan masalah adalah model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media visual? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media visual (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian (quasi experiment) ekperimen semu, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015, sebagai sampel diambil siswa dari dua kelas, satu sebagai kelas eksperimen dan satunya sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan media visual, sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media visual lebih bagus yaitu dengan rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 77,14 dan kelas eksperimen 82,50 (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan media visual berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian metode ini dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran yang efektif untuk mencapai hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi bangun ruang kelas VII. xvi

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: FAJAR ROHMAWATI
Date Deposited: 15 Sep 2015 03:05
Last Modified: 15 Sep 2015 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item