STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA TELUR ASIN ANZA DESA BACEM KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR

ALVI RIZKIA RINDANI, 12405173003 (2021) STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA TELUR ASIN ANZA DESA BACEM KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (256kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Telur Asin Anza Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Alvi Rizkia Rindani, NIM. 12405173003, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh berdasarkan Usaha telur asin anza yang terus berkembang hingga saat ini tentunya memiliki strategi tersendiri dalam menjalankannya. Salah satu strategi yang dilakukan oleh usaha telur asin anza yaitu strategi promosi untuk memperkenalkan dan mempengaruhi konsumen supaya tertarik dan kemudian membeli produknya sehingga volume penjualannya meningkat. Rumusan masalah pada penelitian ini 1) Bagaimana Strategi promosi yang dilakukan dalam meningkatkan volume penjualan pada usaha telur asin anza Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar ?2) Apa kendala dan solusi dalam promosi untuk meningkatkan volume penjualan pada usaha telur asin anza Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data bersumber dari pemilik usaha telur asin anza, karyawan, dan konsumen dari usaha telur asin anza. Ada tiga metode dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini: 1) startegi promosi yang dilakukan oleh usaha telur asin Anza dalam meningkatkan volume penjualan adalah: a) penjualan perseorangan, di awal memulai usaha pemilik melakukan penawaran kepada konsumen, b) promosi penjualan dengan pameran dan sampel produk, c) periklanan dengan media sosial (Facebook, Instagram, WhatssApps) dan media outdor (baju kaos dan banner). 2) Kendala yang dialami usaha telur asin anza: a) kendala internal: sulit untuk meyakinkan konsumen, Kurang efektif dalam melakukan promosi dan media yang digunakan terbatas, Kurang menarik dalam melakukan posting produk. Kendala Eksternal: Adanya banyak pesaing, Harga telur yang mengalami naik dan turun. b) Solusi: Solusi kendala internal: Jujur dalam menyampaikan tentang produk, merekomendasikan konsumen untuk datang langsung ke tempat usaha, membuat akun khusus, merekrut karyawan untuk promosi dan pembelian secara online. Solusi kendala eksternal: mempertahankan kualitas telur asin, membangun hubungan baik dengan konsumen, dan pelayanan yang baik menambahkan penjelasan dan memperbaiki kualitas gambar, pengusaha tidak menaikkan harga jual melainkan mengurangi sedikit laba yang diperoleh pengusaha menaikkan harga apabila kondisinya benar - benar terdesak dan tidak ada solusi lain selain menaikkan harga jual telur asinnya. Kata Kuci: Strategi Promosi, Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405173003 ALVI RIZKIA RINDANI
Date Deposited: 10 Sep 2021 08:11
Last Modified: 10 Sep 2021 08:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22035

Actions (login required)

View Item View Item