IMPLEMENTASI AKAD BA’I BITSAMAN AJIL SEBAGAI TAMBAHAN MODAL USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus di BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Istiqomah Plosokandang)

SISKA DWI ASMORO, 17401163398 (2021) IMPLEMENTASI AKAD BA’I BITSAMAN AJIL SEBAGAI TAMBAHAN MODAL USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus di BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Istiqomah Plosokandang). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (447kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Akad Ba’i Bitsaman Ajil sebagai Tambahan Modal UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Nasabah (Studi Kasus BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Istiqomah Plosokandang)” ini ditulis oleh Siska Dwi Asmoro NIM 17401163398 dengan pembimbing Bapak Dr. Qomarul Huda, M, Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil (BBA) di BMT Pahlawan dan BMT Istiqomah yang menggunakan akad wakalah terkadang tidak sesuai dengan tujuan nasabah seperti penyalahgunaan pembiayaan yang seharusnya digunakan sebagai modal serta untuk mengetahui peran Ba’i Bitsaman Ajil (BBA) sebagai modal nasabah untuk melakukan pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Fokus masalah dari penelitian ini: (1) Bagaimana implementasi akad Ba’i Bitsaman Ajil (BBA) sebagai tambahan modal UMKM nasabah BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Istiqomah Plosokandang? (2) Apa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan implementasi akad Ba’i Bitsaman Ajil (BBA) sebagai tambahan modal UMKM nasabah BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Istiqomah Plosokandang? (3) Bagaimana upaya mengatasi kendala implementasi analisis akad Ba’i Bitsaman Ajil (BBA) sebagai tambahan modal UMKM nasabah BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT Istiqomah Plosokandang? Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Metode deskriptif adalah prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan subjek atau objek dalam penelitian dapat berupa orang, lembaga, masyarakat dan yang lainnya yang pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau apa adanya Hasil penelitian adalah: (1) BMT Pahlawan dan BMT Istiqomah tidak berperan sebagai penjual barang tetapi hanya sebagai peminjam dana. Dalam praktiknya BMT menyerahkan kewenangan kepada nasabah untuk membeli barang tanpa menunjukkan nota pembelian ke BMT(2) Kendala Analisis Pembiayaan Bai' Bitsaman Ajil yaitu, ketidaktahuan BMT akan dana yang telah cair apakah benar- benar digunakan untuk pengembangan usaha dan keluarga nasabah jatuh sakit sehingga harus menunda pembayaran(3) Cara mengatasi kendala yaitu dengan melakukan pendekatan sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Pahlawan Tulungagung dan Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Istiqomah Plosokandang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Gadai
Ekonomi > Hutang Piutang
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Mata Uang
Ekonomi > Pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401163398 SISKA DWI ASMORO
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:50
Last Modified: 14 Sep 2021 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22014

Actions (login required)

View Item View Item