PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII MTsN KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN : 2007 / 2008

FATIMAH, SITI ERINA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII MTsN KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN : 2007 / 2008. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I-V.rtf

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (177kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (187kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung, Pada Garis dan Sudut Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pada materi pelajaran geometri khususnya pada materi melukis garis dan sudut, diperlukan keterampilan menggunakan alat berupa jangka dan penggaris yang selama ini kurang disukai siswa. Oleh karena itu para guru kurang tertarik mengajarkan materi melukis yang memerlukan waktu agak banyak. Padahal apabila semua dibiasakan menggunakan alat seperti jangka ataupun penggaris sejak awal mereka akan merasa senang. Untuk itu peneliti berupaya membantu siswa mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran langsung untuk materi garis dan sudut pada siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2007/2008, (2) Bagaimana aktivitas siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2007/2008 dalam pelaksanaan model pembelajaran langsung pada materi tersebut, (3) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2007/2008 setelah pelaksanaan model pembelajaran langsung, (4) Bagaimana respon siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2007/2008 terhadap pembelajaran langsung pada materi garis dan sudut. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pengajaran langsung untuk materi garis dan sudut pada siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2007/2008, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2007/2008 dalam pelaksanaan model pembelajaran langsung pada materi tersebut, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2007/2008 setelah pelaksanaan model pembelajaran langsung, (4) Untuk mengetahui respon siswa kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2007/2008 terhadap pengajaran langsung pada materi garis dan sudut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-E MTsN Karangrejo Tulungagung. Prosedur pengumpulan data penelitian ini adalah (a) tes yang bertujuan untuk mengukur dan memberikan penilaian terhadap hasil belajar yang dicapai oleh siswa, (b) wawancara yang dilakukan untuk menelusuri dan mengetahui kedalaman pemahaman tentang pokok bahasan melukis garis dan sudut, (c) observasi yang dilakukan untuk mengamati segala aktivitas peneliti dan siswa selama kegiatan penelitian. Dengan diterapkanya pendekatan model pembelajaran langsung dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran langsung siklus I berada pada kriteria baik yaitu dengan prosentase 87,14 dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kriteria sangat baik dengan prosentase 92,85. (2) aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran langsung pada siklus I berada pada kriteria baik yaitu dengan prosentase 85% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kriteria sangat baik dengan prosentase 93,33%. (3) hasil yang dicapai siswa kelas VII E Karangrejo pada materi melukis garis dan sudut melalui penerapan pembelajaran langsung adalah sangat baik. Siswa telah memahami materi melukis garis dan sudut dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil yang dicapai siswa pada tes formatif I dengan rata-rata nilai siswa 79,21 dan tes formatif II dengan rata-rata nilai siswa 88,15. (4) respon siswa kelas VII E MTsN Karangrejo terhadap pembelajaran langsung pada materi melukis garis dan sudut sangat menarik bagi siswa karena dalam penerapan pembelajaran tersebut dilengkapi dengan LKS yang dapat melatih keterampilan siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 10 Sep 2015 03:56
Last Modified: 10 Sep 2015 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2170

Actions (login required)

View Item View Item