PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR NOVEL PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

UMDATUL MILLA, 12208173005 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR NOVEL PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Belajar Novel pada Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Siswa SMP Kelas VIII” ini di tulis oleh Umdatul Milla, NIM.12208173005, Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S. Pd, M.M. Kata Kunci: Media Belajar Novel, Hasil Belajar, Motivasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya media yang diajarkan pada proses pembelajaran yang akan membuat peserta didik bosan dan lebih memilih mengobrol bersama teman dan tidak mendengarkan ketika guru menyampaikan materi, hal ini akan menurunkan motivasi yang berdampak pada hasil belajar. Dalam hal ini, peneliti mengembangkan produk media belajar novel sebagai media belajar dikarenakan media belajar novel merupakan media yang fleksibel, memiliki cerita dengan bahasa yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari, pembaca atau calon pengguna akan mudah mengerti dan mengingatnya dalam kurun waktu yang lama, guna meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik yang diharapkan akan tercipta hasil belajar yang diinginkan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media belajar novel pada materi sistem pernapasan manusia (2) Mendeskripsikan kelayakan media belajar novel pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan metode penelitian eksperimental. Pengambilan data meliputi metode wawancara, analisis kebutuhan, angket dan tes soal. Wawancara dan analisis kebutuhan digunakan untuk menggali informasi sebelum melaksanakan uji coba produk. Angket dan tes soal digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan peningkatan motivasi serta hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tahapan pengembangan produk media belajar novel materi sistem pernapasan manusia melalui beberapa tahapan yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, dan validasi berdasarkan masukan dan saran dari validator, hingga media belajar novel dikatakan layak untuk di uji cobakan di lapangan dengan persentase ahli media 82%, ahli materi 70%. (2) Kelayakan media belajar novel yang dikembangkan dan diuji cobakan mendapatkan penilaian kelayakan oleh guru mata pelajaran dengan persentase skor 92% dan perseta didik 82%. Kelayakan media juga dibuktikan dengan persentase rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 81,62% dan lebih baik dari kelas kontrol yang nilai persentase rata-ratanya 69,72%. Sedangkan untuk angket motivasi menadapatkan hasil nilai persentase rata-rata kelas eksperimen sebesar 64,07% dan lebih baik dari kelas kontrol yang nilai persentase rata-ratanya 48%. Hasil tersebut juga didukung dengan uji T yang mendapatkan signifikansi 0,026 pada tes soal hasil belajar dan pada angket motivasi diperoleh signifikansi 0,000 yang artinya terdapat beda yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sehingga media belajar novel yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Biologi > Manusia
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208173005 Umdatul Milla
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:22
Last Modified: 31 Aug 2021 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21639

Actions (login required)

View Item View Item