UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI SDN SUMBERDADI I SUMBERGEMPOL - TULUNGAGUNG

JABAR, SEH ABDUL (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI SDN SUMBERDADI I SUMBERGEMPOL - TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (79kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (135kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (30kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (690kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (39kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Model TAI, Hasil Belajar Matematika siswa Gejala menunjukkan bahwa matematika sebagai suatu mata pelajaran yang sangat membosankan, menyeramkan, bahkan menakutkan bagi siswa dan prestasi belajar siswa pada matematika selalu memprihatinkan dibandingkan dengan pelajaran lain Ketidak senangan peserta siswa terhadap pelajaran matematika ini bisa disebabkan karena guru masih menggunakan paradigma pembelajaran yang lama. Akibatnya, pembelajaran bermakna yang diharapkan tidak terjadi.Oleh karena itu dalam mengajarkan matematika hendaknya guru mampu memilih pendekatan, setrategi, metode dan model pembelajaran yang sesuai. Salah satu metode yang ditawarkan peneliti adalah metode pembelajaran kooperatif model TAI. Metode ini merupakan metode yang mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individual. Metode ini dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual. Dalam penelitian ini mempunyai dua fokus penelitian, yaitu (a) bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif model Team Assited Individualization (TAI) pada siswa kelas V SDN Sumberdadi I Sumbergempol, dan (b) bagaimana hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model TAI pada siswa kelas V SDN Sumberdadi I Sumbergempol. Dengan fokus penelitian tersebut diharapkan dapat mengarahkan kepada tujuan penelitian ini, yaitu (a) mendiskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Team Assited Individualization (TAI) pada siswa kelas V SDN Sumberdadi I Sumbergempol, dan (b) mengetahui hasil belajar matematika dengan penerapan pembelajaran kooperatif model TAI pada siswa kelas V SDN Sumberdadi I Sumbergempol. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan reflkesi. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dengan membandingkan nilai sebelum tindakan, pada waktu tindakan, dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus PTK. Subjek pengumpulan data pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sumberdadi I Sumbergempol Tulungagung pada semester genap tahun ajaran 2006-2007. Sumber data diperoleh melalui hasil jawaban siswa, hasil wawancara, hasil obserasi, dan catatan lapangan. Selanjutnya data akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan menegunakan metode pemebelajaran kooperatif model TAI yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi keliling dan luas lingkaran. Pemebelajaran ini dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai keliling dan luas lingkaran, menjaring subyek wawancara, dan pembentukan kelompok melalui pre-tes; kegiatan inti bertujuan untuk memberikan pemahaman siswa dengan melakukan pembelajaran melalui metode pembelajaran kooperatif model TAI dengan membuat para siswa bekerja dalam tim-tim pembelajaran kooperatif dan mengemban tanggung jawab mengelola dan memeriksa secara rutin, saling membantu satu sama lain dalam menghadapi masalah, dan saling memberi dorongan; dan keiatan akhir dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap keliling dan luas lingkaran yang dilakukan melalui tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) penerapan pembelajaran kooperatif model TAI dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Sumberdadi I Sumbergempol Tulungagung, b) hasil belajar matematika siswa meningkat, yang diperoleh dengan melihat rata-rata nilai tes siswa, yaitu 66,7 (sebelum diberi tindakan) menjadi 79,75 (siklus I) dan 85,12 (siklus II). Berdasrkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Sumberdadi I Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Sep 2015 03:53
Last Modified: 09 Sep 2015 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item