PENERAPAN METODE KOOPERATIF TYPE STAD SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIa MTs DIPONEGORO KANDAT KEDIRI TAHUN AJARAN 2007/2008

IRMAWATI, DWI AGUSTIN (2011) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TYPE STAD SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIa MTs DIPONEGORO KANDAT KEDIRI TAHUN AJARAN 2007/2008. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB II1.rtf

Download (501kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (72kB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (15kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (710kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (33kB)
[img] Text
New Microsoft Word Document.doc

Download (235kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Metode Kooperatif, STAD, Belajar Mengajar Matematika Mengajar adalah proses interaksi antara guru dan siswa dimana guru mengharapkan siswanya menguasai pengetahuan. Dalam proses belajar mengajar pun siswa hendaknya di beri kesempatan untuk bertanya, menebak, berdiskusi dengan temanya bahkan mendebat. Pelajaran matematika yang seringkali dianggap sulit bagi siswa menjadi sangat menakutkan dan membosankan ketika dalam mengajar guru hanya menggunakan satu metode yang sama dari tahun ke tahun, tanpa ada perubahn metode pada materi-materi tertentu. Fokus Penelitian: (1) Bagaimana Penerapan Metode Kooperatif Type STAD pada Materi Bangun Datar Segi Empat Siswa Kelas VII (2) Bagaimana Hasil Belajar Siswa dengan Metode Kooperatif Type STAD pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Pola penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sumber data dalam penelitian Tindakan ini adalah Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Diponegoro Kandat Kediri. Metode Pengumpulan Data : (1) Pemberian Tes, (2) Wawancara, (3) Hasil Observasi, (4) Catatan Lapangan. Model Analisis : Analisis Data yang digunakan yaitu model mengalir flow Model yaitu (a) Reduksi Data, (b) Penyajian Data, (c) Penarikan Kesimpulan. Tujuan Penelitian : (1) Mendeskripsikan penerapan metode kooperatif Type STAD pada materi Bangun Datar Segi Empat siswa kelas VII MTs Diponegoro Kandat kediri, (2) Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan metode koopertaif Type STAD pada materi Bangun Datar Segi Empat siswa kelas VII MTs Diponegoro. Hasil penelitian secara empiris menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode koopratif type STAD dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Bangun Datar Segi Empat. Pembelajaran kooperatif type STAD terdiri dari lima komponen utama yaitu Presentasi Kelas, Belajar dalam Kelompok, Kuis, Skor Perbaikan Individu dan Pengakuan Kelompok. Dan pada pembelajaran ini di tekankan pada belajar kelompok, dimana masing-masing siswa harus menguasai materi yang ada dalam LKS sehingga sesama anggota kelompok harus saling membantu. Setelah diadakan kuis kemudian dihitung nilai perbaikan individu. Dari hasil wawancara dengan subjek penelitian, menunjukkan bahwa siswa senang dan antusias melakukan proses belajar dalam kelompok. Berdasarkan hasil tes akhir siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar karena semua siswa mampu menyumbangkan poin untuk kelompoknya. Siswa juga aktif berdiskusi dalam kelompok maupun ketika proses belajar mengajar berlangsung, ha; ini di tunjukkan dengan peningkatan aktifitas siswa pada siklus II.. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada para guru agar melaksanakan pembelajaran pada materi Bangun Datar Segi Empat menggunakan metode Kooperatif Type STAD. Dalam pembelajaran tersebut hendaknya juga dilengkapi dengan sarana pembelajaran antara lain LKS maupun alat peraga yang diperlukan, sehingga di dapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Sep 2015 03:14
Last Modified: 09 Sep 2015 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2150

Actions (login required)

View Item View Item