PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET BERDASARKAN LANGKAH POLYA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DI SMAN 1 KANDAT KEDIRI

NICCO NOVITA, 12204173133 (2021) PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET BERDASARKAN LANGKAH POLYA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DI SMAN 1 KANDAT KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient di SMAN 1 Kandat Kediri” ini ditulis oleh Nicco Novita, NIM. 12204173133, pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Proses Berpikir, Penyelesaian Masalah, Adversity Quotient, Polya Matematika merupakan pembelajaran yang bersifat prosedural dan lebih menekankan pada penyelesaian masalah. Dalam penyelesaian masalah berdasarkan langkah Polya,seseorang akan mengalami proses berpikir yang didasarkan pada kerangka kerja asimilasi dan akomodasi. Seseorang dapat menyelesaikan suatu masalah dengan baik apabila didukung oleh kemampuan menghadapi rintangan yang baik pula. Dari sinilah Adversity Quotient (AQ) dianggap memiliki peran penting dalam menyelesaikan masalah. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa tipe Climber, Camper, dan Quitter dalam menyelesaikan masalah matematika pada soal barisan dan deret di SMAN 1 Kandat Kediri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes angket Adversity Response Profile, tes soal penyelesaian masalah, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas XI Mipa SMAN 1 Kandat Kediri yang didasarkan pada tipe Adversity Quotient yaitu 2 siswa Climber, 2 siswa Camper, dan 2 siswa Quitter. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa Climber melakukan proses berpikir asimilasi dalam memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana, dan mengecek kembali penyelesaian masalah. (2) Siswa Camper melakukan proses berpikir secara asimilasi dalam memahami masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan tidak melakukan proses berpikir secara asimilasi maupun akomodasi dalam mengecek kembali penyelesaian. (3) Siswa Quitter melakukan ketidaksempurnaan proses berpikir secara asimilasi maupun akomodasi dalam memahami masalah, sehingga tidak melakukan proses berpikir secara akomodasi maupun asimilasi dalam menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan mengecek kembali penyelesaian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173133 Nicco Novita
Date Deposited: 25 Aug 2021 02:04
Last Modified: 25 Aug 2021 02:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21292

Actions (login required)

View Item View Item