PENGARUH KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS VIII MTsN 3 KOTA KEDIRI TAHUN 2019/2020

MENTARI RAHMAWATI, 17204163201 (2021) PENGARUH KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS VIII MTsN 3 KOTA KEDIRI TAHUN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (601kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII MTsN 3 Kota Kediri Tahun 2019/2020” ini ditulis oleh Mentari Rahmawati, NIM.17204163201, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Kemampuan Koneksi Matematis, Hasil Belajar, Motivasi, Bangun Ruang Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. hal ini disebabkan karena kemampuan koneksi matematis siswa yang kurang. Kemampuan koneksi matematis adalah pemahaman yang mengharuskan siswa dapat menggunakan hubungan antara satu konsep lain dengan disiplin ilmu lain atau dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu siswa masih menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit. Hal tersebut dapat berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal dan siswa kurang termotivasi dalam belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan kemampuan koneksi matematis terhadap hasil belajar materi bangun ruang siswa kelas VIII MTsN 3 Kota Kediri, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan kemampuan koneksi matematis terhadap motivasi materi bangun ruang siswa kelas VIII MTsN 3 Kota Kediri, dan (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan kemampuan koneksi matematis terhadap hasil belajar dan motivasi materi bangun ruang siswa kelas VIII MTsN 3 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 3 Kota Kediri. Sampel penelitian yaitu kelas VIII C. Metode pengambilan data melalui tes, angket, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan koneksi matematis dan hasil belajar siswa. Metode angket digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar siswa. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data guru,siswa dan foto-foto pengerjaan oleh siswa. Pada penelitian ini analisis data menggunakan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan kemampuan koneksi matematis terhadap hasil belajar materi bangun ruang siswa kelas VIII MTsN 3 Kota Kediri. (2) ada pengaruh yang signifikan kemampuan koneksi matematis terhadap motivasi materi bangun ruang siswa kelas VIII MTsN 3 Kota Kediri, (3) ada pengaruh yang signifikan kemampuan koneksi matematis terhadap hasil belajar dan motivasi materi bangun ruang siwa kelas VIII MTsN 3 Kota Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: rahmawati mentari
Date Deposited: 23 Aug 2021 05:18
Last Modified: 23 Aug 2021 05:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21271

Actions (login required)

View Item View Item