PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Subsektor Food and Baverage di BEI periode 2015-2019)

YUNIA NUR AZIZAH, 12405173024 (2021) PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Subsektor Food and Baverage di BEI periode 2015-2019). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Subsektor Food and Baverage di BEI periode 2015-2019)” ini ditulis oleh Yunia Nur Azizah, NIM.12405173024, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pembimbing Nadia Roosmalita Sari, S.Pd.,M. Kom. Turunnya nilai rasio profitabilitas dapat menyebabkan turunnya penilaian dan kepercayaan para investor untuk menginvestasikan modalnya ke suatu perusahaan. Karena rasio profitabilitas ini salah satu rasio yang memiliki pengaruh besar terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh rasio profitabilitas, diantaranya Return On Asset, Return On Equity, Net Profit Margin, dan Gross Profit Margin yang telah digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh ROA terhadap nilai perusahaan, (2) mengetahui pengaruh ROE terhadap nilai perusahaan, (3) mengetahui pengaruh NPM terhadap nilai perusahaan, (4) menguetahui pengaruh GPM terhadap nilai perusahaan, dan (5) mengetahui pengaruh ROA, ROE, NPM, dan GPM terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif dan metode dokumentasi sebagai teknik pengambilan data. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel yang didapatkan pada penelitian ini sebanyak 19 perusahaan, dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Return On Asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi subsektor food anb baverage yang terdaftar di BEI periode 2015-2019., (2) Return On Equity berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi subsektor food anb baverage yang terdaftar di BEI periode 2015-2019., (3) Net Profit Margin berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi subsektor food anb baverage yang terdaftar di BEI periode 2015-2019., (4) Gross Profit Margin berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi subsektor food anb baverage yang terdaftar di BEI periode 2015-2019., (5) Return On Asset, Return On Equity, Net Profit Margin, dan Gross Profit Margin secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi subsektor food anb baverage yang terdaftar di BEI periode 2015-2019. Kata kunci: Nilai Perusahaan, Return On Asset, Return On Equity, Net Profit Margin, Gross Profit Margin, dan Price to Book Value.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405173024 YUNIA NUR AZIZAH
Date Deposited: 25 Aug 2021 05:44
Last Modified: 25 Aug 2021 05:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21258

Actions (login required)

View Item View Item