PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI KEDAI MUTIA NGANJUK

ITUT ARYANTI, 12308173045 (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI KEDAI MUTIA NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI KEDAI MUTIA NGANJUK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kualitas pelayanan yang kurang optimal dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan. Sehingga dalam mempertahankan pelanggan yang loyal dapat dilakukan dengan cara memberikan pelayanan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini berlokasi di Kedai Mutia kabupaten Nganjuk. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan teknik Snowbal Sampling. Sehingga peneliti mengambil data dari 110 responden. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan diuji menggunakan pengujian analisis regresi sederhana. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kedua variabel dengan perolehan R square 76,1% atau dapat diartikan bahwa variabel kualitas pelayanan mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 76,1%. sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya selain kualitas pelayanan. Nilai signifikan sebesar 0,024 <0,05 atau dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh kepada loyalitas pelanggan. sehingga prediksi ini mampu menggambarkan keadaan yang sesungguhnya. Dengan persamaan regresi Y = -3.129 + 654 X sehingga dapat dilakukan prediksi dengan persamaan tersebut. Maka apabila perusahaan ingin mendapatkan loyalitas yang tinggi, perusahaan tersebut harus memberikan kualitas pelayanan yang optimal. Akan tetapi jika dengan kualitas pelayanan yang sudah optimal tersebut masih belum bisa mendapatkan loyalitas pelanggan yang tinggi. Maka hal tersebut disebabkan oleh faktor lain. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Pengaruh

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi industri
Psikologi > Psikologi organisasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: S.Psi 12308173045 ITUT ARYANTI
Date Deposited: 13 Aug 2021 06:51
Last Modified: 13 Aug 2021 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20748

Actions (login required)

View Item View Item