PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB SHALAT WAJIB PADA SISWA DI MI SLUMBUNG MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH

NURIS SHOFIATU ROSYIDA, 17205153213 (2021) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB SHALAT WAJIB PADA SISWA DI MI SLUMBUNG MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (760kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Dan Tanggung Jawab Shalat Wajib Pada Siswa di MI Slumbung Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah,” yang di tulis oleh Nuris Shofiatu Rosyida, NIM. 17205153213, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Lailatuz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci: Peran Guru, Kedisiplinan dan Tanggung Jawab, Shalat Berjamaah Shalat berjamaah merupakan salah satu apsek terpenting bagi seorang Muslim dalam melaksanakan proses kehidupanya. Dengan melihat begitu pentingnya shalat, maka pembiasaan shalat berjamaah dalam proses pendidikan, menjadi salah satu kebutuhan utama. MI Slumbung adalah salah satu sekolah merupakan lembaga pendidikan yang peduli terhadap pembinaan shalat berjamaah para siswanya. MI tersebut siswa mendapat pendidikan dan bimbingan langsung dari bapak dan ibu guru yang mengajar, sehingga tertanam dalam dirinya kesadaran untuk melaksanakan shalat berjamaah secara rutin, utamanya dengan melatih kedisiplinan dan tanggung jawab mengenai shalat berjamaah. Pertanyaan dalam penelitian ini, yaitu; 1) Bagaimanakah metode guru dalam melaksanakan pembinaan shalat berjamaah untuk meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab shalat wajib pada siswa di MI Slumbung?, 2) Bagaimanakah peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat wajib pada siswa di MI Slumbung?, 3) Bagaimanakah peran guru dalam meningkatkan tanggung jawab shalat wajib pada siswa di MI Slumbung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus guna memahami fenomena sosial yang terjadi di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian hingga penarikan kesimpulan. Sedangkan, pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa: 1) Metode guru dalam melaksanakan pembinaan shalat berjamaah untuk meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab shalat wajib pada siswa di MI Slumbung ceramah, praktik, pembiasaan, tauladan dan hukuman. 2) Peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat wajib pada siswa di MI Slumbung adalah sebagai pembimbing, pengarahan, pengawas serta motivator. 3) Peran guru dalam meningkatkan tanggung jawab shalat wajib pada siswa di MI Slumbung adalah sebagai motivator dan teladan atau uswatun hasanah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Fiqih > Sholat
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153213 NURIS SHOFIATU ROSYIDA
Date Deposited: 12 Aug 2021 03:56
Last Modified: 12 Aug 2021 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20573

Actions (login required)

View Item View Item