PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MAN 1 KOTA KEDIRI

HARIS SYAIFULLOH, 12201173337 (2021) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MAN 1 KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di MAN 1 Kota Kediri” ini di tulis oleh Haris Syaifulloh. NIM. 12201173337, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata kunci : Peran Guru, Kecerdasan Emosional Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali emosi sendiri sewaktu perasaan atau emosi muncul. Kondisi kecerdasan emosional siswa bisa menurun apabila siswa belum mampu mengatur emosinya sendiri sehingga mengakibatkan banyak permasalahan yang tidak terkontrol seperti perilaku malas, lemah dalam berpikir, pembangkang dan sebagainya. Oleh sebab itu, peran guru sangatlah penting karena guru harus mampu memahami kecerdasan emosional siswa dalam membangun kesadaran pengetahuan siswa, kemampuan mengelola emosi dan motivasi diri siswa sehingga siswa dapat meraih prestasi yang baik di sekolah. Berkaitan dengan hal tersebut, perlu adanya penelitian terkait peran guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di sekolah. Harapan dari penelitian ini, peran guru bisa maksimal sebagai pencetak generasi yang tidak hanya mampu mencerdaskan intelektual saja akan tetapi juga mampu mencerdaskan emosional siswa. Fokus penelitan ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 1 Kota Kediri?. (2) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 1 Kota kediri?. (3) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 1 Kota Kediri?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 1 Kota Kediri. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 1 Kota Kediri. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber datanya yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian. Pertama, peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik meliputi: memberi bimbingan dan dorongan dalam proses belajar dengan memotivasi peserta didik dan memberi bimbingan belajar, memberi pembinaan kepada peserta didik dan para guru. Kedua, peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik meliputi: memberi motivasi dengan menggunakan media video, memberi reward atau penghargaan, dan menciptakan hubungan baik antara guru dan peserta didik. Ketiga, peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik meliputi: melakukan pendekatan terhadap siswa yang mempunyai masalah, dan membimbing dalam penggunaan fasilitas untuk menunjang proses belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam
Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173337 HARIS SYAIFULLOH
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:24
Last Modified: 10 Aug 2021 08:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20221

Actions (login required)

View Item View Item