METODE IMPLEMENTASI NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEBANGSAAN SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Queen Al-Falah Ploso-Kediri)

DARIS SOFIANA, 12506184013 (2021) METODE IMPLEMENTASI NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEBANGSAAN SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Queen Al-Falah Ploso-Kediri). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis yang berjudul “Metode Implementasi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Membentuk Karakter Kebangsaan Santri di Pondok Pesantren Queen Al-Falah Ploso-Kediri” ini ditulis oleh Daris Sofiana, NIM. 12506184013, Pembimbing Dr. H. Abd. Aziz, M. Pd.I dan Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci : Nilai-Nilai Nasionalisme, Karakter Kebangsaan. Latar belakang penelitian ini adalah karena rasa dan pemahaman warga negara tentang pendidikan karakter bangsa yang rendah, maraknya kasus bullying di sekolah, murid yang kurang menghormati guru dan kasus-kasus lain yang berkaitan dengan kemerosotan adab seperti terorisme, radikalisme dan anti nasionalisme adalah salah satu bentuk dari melemahnya karakter kebangsaan. Segala permasalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti globalisasi dan perbedaan ideologi. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan sikap toleransi, demokratis dan cinta tanah air disetiap kehidupan. Dengan kenyataan demikian, peran lembaga pondok pesantren Queen Al-Falah ikut andil dalam penuntasan permasalahan karakter bangsa dengan menerapkan nilai-nilai nasionalisme didalam setiap kegiatan santri. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode implementasi nilai nilai nasionalisme dalam membentuk karakter toleransi santri? (2) Bagaimana metode implementasi nilai-nilai nasionalisme dalam membentuk karakter demokratis santri? (3) Bagaimana metode implementasi nilai-nilai nasionalisme dalam membentuk karakter cinta tanah air santri? Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, jenis penelitian field research dan rancangan penelitian yaitu studi kasus. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dalam penelitian ini, validitas data juga dapat diperiksa dengan perpanjangan keikutsertaan, dan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian di pondok pesantren Queen Al-Falah Ploso-Kediri tentang metode implementasi nilai-nilai nasionalisme dalam membentuk karakter kebangsaan santri adalah: (1) Metode implementasi nilai-nilai nasionalisme dalam membentuk karakter toleransi santri adalah dengan menggunakan social interaction method, mau’idhah method, practice and habituation method, dan discussion method (2) Metode implementasi nilai-nilai nasionalisme dalam membentuk karakter demokratis santri adalah dengan menggunakan attitude democratic method, punishment method dan discipline method (3) Metode implementasi nilai-nilai nasionalisme dalam membentuk karakter cinta tanah air santri adalah dengan menggunakan exemplary method, practice and habituation method, mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas dan unggul, melestarikan warisan budaya leluhur bangsa, membentuk organisasi pramuka, ikut aktif berpartisipasi dalam perayaan PHBN, dan rihlah ilmiyah method.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506184013 DARIS SOFIANA
Date Deposited: 22 Jun 2021 02:36
Last Modified: 22 Jun 2021 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19789

Actions (login required)

View Item View Item