PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI IBADAH SHOLAT WAJIB SISWA DI MTs NEGERI PUCANGLABAN TAHUN 2015

SARI, NOVITA DIAN (2015) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI IBADAH SHOLAT WAJIB SISWA DI MTs NEGERI PUCANGLABAN TAHUN 2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (193kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru dan Orang Tua dalam Memotivasi Ibadah Shalat Wajib Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Pucanglaban” ini ditulis oleh Novita Dian Sari, NIM. 3211113020, Pembimbing: Agus Purwowidodo, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa Madrasah Tsanawiyah Negeri Pucanglaban merupakan salah satu madrasah yang mengiplementasikan ibadah shalat dhuhur dan shalat ashar dengan berjamaah. Peneliti mengamati secara sekilas bahwa implementasi tersebut belum dapat berjalan secara maksimal. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah ibadah shalat nantinya akan menjadi kebutuhan dan rutinitas bagi siswa serta mampu dijalankan dengan maksimal sesuai dengan syariat Islam yang telah diajarkan. Oleh karena itu peneliti tertarik mengadakan penelitian untuk mengetahui permasalahan yang berkaitan dengan peran guru dan orang tua dalam motivasi terhadap ibadah shalat siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pucanglaban. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana usaha guru dan orang tua dalam memotivasi ibadah shalat wajib siswa MTs Negeri Pucanglaban? (2) Apa factor pendorong dan penghambat dalam memotivasi ibadah shalat wajib siswa MTs Negeri Pucanglaban? (3) Bagaimana peran guru dan orang tua dalam memotivasi ibadah shalat wajib siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Pucanglaban? Adapun tujuannya untuk mengetahui peran dan usaha guru dan orang tua dalam memotivasi ibadah shalat siswa MTs Negeri Pucanglaban, untuk mengetahui factor pendorong dan penghambat dalam memotivasi ibadah shalat siswa MTs Negeri Pucanglaban. Skripsi ini bermanfaat bagi Madrasah Tsanawiyah Negeri Pucanglaban, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi sebagai pendukung dalam mencapai tujuan terkait dengan ibadah shalat, sehingga seluruh siswa dapat menjalankan ibadah shalat dengan baik dan benar. Bagi kepala sekolah diharapkan sebagai bahan informasi dalam perencanaan, pelaksanaan, inovasi, evaluasi dan pengambilan kebijakan. Bagi guru diharapkan untuk berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan yang baik. Bagi orang tua siswa diharapkan dapat lebih memperhatikan belajar anaknya agar apa yang diinginkan dapat tercapai. Bagi peneliti atau pembaca lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data atau pembahasannya adalah dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dan orang tua dalam memotivasi ibadah shalat siswa di madrasah tersebut berjalan cukup baik. Hal ini kerena dapat terwujud dengan adanya sarana dan prasarana yang cukup memadai serta dewan guru yang cukup memenuhi standart pendidikan. Dengan penerapan ibadah shalat ini, nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah shalat dapat ditanamkan dalam diri siswa sehingga ibadah shalat bukan hal yang asing bagi siswa. Selain itu dengan diadakannya beberapa kebijakan mampu meningkatkan motivasi siswa dari sebelumnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NOVITA DIAN SARI
Date Deposited: 18 Nov 2015 06:10
Last Modified: 18 Nov 2015 06:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1868

Actions (login required)

View Item View Item