Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik, Motivasi, dan jenis kelamin terhadap Hasil Belajar Matematika materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel VIII SMPN I Boyolangu tahun ajaran 2013/2014

Suyeni, Suyeni (2014) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik, Motivasi, dan jenis kelamin terhadap Hasil Belajar Matematika materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel VIII SMPN I Boyolangu tahun ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
2. sampul dalam.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK. new.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (65kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang bertitik tolak dari hal-hal real atau nyata bagi siswa, menekankan process of doing mathematics. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan antara pendekatan pembelajaran realistik, motivasi dan jenis kelamin siswa dalam kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa di SMPN I Boyolangu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pokok bahasan SPLDV ?; (2) Apakah ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pokok bahasan SPLDV?; (3) Apakah ada pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pokok bahasan SPLDV?; (4) Apakah ada pengaruh pendekatan Matematika Realistik, Motivasi, dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pokok bahasan SPLDV?. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMPN I Boyolangu, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pemilihan metode dan pendekatan yang tepat yang akan diterapkan di Sekolah demi meningkatkan mutu pengajaran. Bagi para guru Sekolah sebagai dasar pelaksanaan dan pembelajaran sehari-hari untuk siswa. bagi siswa SMPN I Boyolangu, sebagai bahan acuan dan renungan bahwa matematika sebenarnya sudah mereka ketahui sebelumnya, dan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari mereka. Bagi peneliti lain, dapat berguna untuk bahan acuan atau referensi pada penelitian. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, metode tes, observasi. Angket digunakan untuk mengetahui tingkat motivasi siswa SMPN I Boyolangu yang digunakan sebagai sampel penelitian, metode test digunakan untuk mendapatkan nilai hasil belajar, sedangkan metode observasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang populasi, sampel, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian. Pola penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Matematika Realistik, motivasi, dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika. Dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika (Y) dan variabel bebasnya adalah pendekatan Matematika Realistik (X1), motivasi (X2), dan jenis kelamin (X3). Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penarikan sampel yang dilakukan berdasarkan karakteristik yang ditetapkan terhadap elemen populasi target yang disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Banyaknya sampel pada penelitian ini adalah 69 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN I Boyolangu pada tanggal 30 nopember – 06 desember 2013. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis uji Harley untuk menguji homogenitas, dan Anava 3 Jalur untuk mengetahui pengaruh antar variabel yang ada dan disesuaikan dengan rumusan masalah. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa pada taraf signifikasi 5% : (1) Ada pengaruh pendekatan Matematika Realistik terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai signifikasi 0,001<0,05. (2)Ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa dengan nilai sig.0,047<0,05. (3) Tidak ada pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikasi 0,476>0,05. (4) tidak ada pengaruh pendekatan Matematika Realistik, motivasi, dan jenis kelamin secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,114>0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2014 02:02
Last Modified: 30 Sep 2014 02:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18

Actions (login required)

View Item View Item