EFEKTIVITAS MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS MATERI TURUNAN FUNGSI DI MA UNGGULAN BANDUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

Utami, Ika Wiji (2015) EFEKTIVITAS MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS MATERI TURUNAN FUNGSI DI MA UNGGULAN BANDUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img] Text
HAL. sampul dalam.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (173kB)

Abstract

ABSTRAK Utami Ika Wiji, 3214113085, 2015. Efektivitas Model Quantum Learning Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPS Materi Turunan Fungsi Di MA Unggulan Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M. Ag. Kata Kunci: Model Quantum Learning, Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika, Turunan Fungsi. Matematika merupakan kajian yang sangat penting dalam sistem pendidikan di seluruh dunia. Begitu pentingnya memahami matematika, sehingga guru matematika perlu memberikan solusi terbaik agar siswa bisa lebih cepat memahami materi yang ada di dalam matematika. Oleh karena itu, guru harus berusaha menghadirkan suasana baru dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah menerapkan model quantum learning di kelas. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui efektivitas model quantum learning terhadap keterampilan dalam pecahan masalah matematika siswa kelas XI IPS materi turunan tungsi di MA Unggulan Bandung Tahun Ajaran 2014/2015, 2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS MA Unggulan Bandung yang menggunakan model Quantum Learning lebih baik daripada metode konvensional materi turunan fungsi di MA Unggulan Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPS MA Unggulan Bandung sebanyak 55 siswa. Kelas XIA 30 siswa dan kelas XIB 25 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Karena subjek penelitian kurang dari 100, lebih baik diambil semuanya sehingga termasuk model eksperimen populasi. Kelas XIA sebagai kelas eksperimen dan kelas XIB sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diterapkan model quantum learning, sedangkan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian kriteria uji keefektifan dengan prosentasi tertinggi adalah kategori cukup. Dengan menggunakan Microsoft Excel dan perhitungan manual diperoleh perhitungan thitung = 2,40 dibandingkan dengan t tabel, dengan (db = N – 2), yaitu 55 – 2 = 53 pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 2,000. Oleh karena thitung > ttabel diperoleh 2,40 > 2,000 maka penelitian yang dilakukan mempunyai perbedaan yang signifikan artinya pembelajaran matematika siswa kelas XI IPS materi ajar turunan fungsi yang menggunakan model quantum learning lebih baik dibandingkan metode konvensional di MA Unggulan Bandung Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ika Wiji Utami
Date Deposited: 14 Sep 2015 03:04
Last Modified: 14 Sep 2015 03:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item View Item