EFEKTIFITAS TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL

ANA ROHMATUL NGIZATI, 17306163086 (2020) EFEKTIFITAS TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (454kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Abstrak Ana Rohmatul Ngizati, NIM 17306163086, Efektifitas Teknik Cognitive Restructuring dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MTs Darul Falah Sumbergempol. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Progam Sarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci: Teknik Cognitive Restructuring, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas teknik cognitive restructuring dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Darul Falah Sumbergempol. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalen control group design pretest posttest one group design.. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 14 orang siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, dengan pembagian 7 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 7 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengukuran efektifitas teknik cognitive restructuring menggunakan uji Independent Sampel T Test, hasil yang di peroleh yaitu nilai thitung sebesar 1.9877 > ttabel sebesar 1.782 dengan sig.2 tailed sebesar 0,00 < 0,05, serta diketahui bahwa nilai mean kelompok eksperimen sebesar 129.143, sementara pada kelompok kontrol diketahui nilai mean sebesar 82.571, sehingga terdapat perbedaan pada motivasi belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun dari hasil perhitungan menggunakan uji N-Gain Score diketahui bahwa nilai uji N-Gain Score untuk kelompok eksperimen 199,86% > 76% termasuk dalam kategori efektif. Sementara untuk rata-rata N-Gain Score untuk kelas kontrol adalah sebesar 30,55% < 56% termasuk dalam katergori kurang efektif. Berdasarkan temuan penelitian, nilai rata-rata kelompok eksperimen yang di berikan intervensi lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan atau treatment. Sehingga dapat di katakan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik cognitive restructuring efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Darul Falah Sumbergempol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163086 ana rohmatul ngizati
Date Deposited: 05 Jan 2021 06:40
Last Modified: 05 Jan 2021 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17547

Actions (login required)

View Item View Item