PENGARUH TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMA NEGERI 1 SRENGAT

DENI NINGTYAS, 17306163096 (2020) PENGARUH TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMA NEGERI 1 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Deni Ningtyas. NIM 17306163096. Tahun 2020 “Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa SMA Negeri 1 Srengat”, Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing Citra Ayu Kumalasari, M.Psi. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi, Komunikasi Interpersonal Penelitian ini berawal dari fenomena yang sering terjadi dikalangan siswa baru di SMA. Di SMA Negeri 1 Srengat terdapat siswa yang belum mampu menerapkan etika berkomunikasi dengan baik, seperti enggan memulai hubungan baru dengan orang lain atau teman sebayanya, belum mampu menghargai teman yang berbicara didepan kelas, kurang mampu menghargai pendapat teman, sering menggunakan bahasa yang kurang baik ketika berbicara dengan orang lain. Hal ini dapat memicu terjadinya kesalahpahaman dengan penerima pesan atau lingkungganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik diskusi untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMA Negeri 1 Srengat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan eksperimen Quasi Experimental Design (Nonequivalent Control Group Design) dengan subjek 34 siswa, 17 kelompok eksperimen dan 17 kelompok kontrol yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala likert komunikasi interpersonal dan instrumen untuk bahan perlakukan berupa buku pedoman eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan teknik diskusi untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa yang mendapatkan intervensi berupa layanan teknik diskusi yang di analisis menggunakan uji statistik t-test menunjukkan nilai signifikan 0,000 < dari 0,05. Dan hasil output test statistics didapat nilai asimp sig (2-tailed) sebesar 0,001. Sehingga dapat disumpulkan bahwa teknik diskusi berpengaruh positif terhadap komunikasi interpersonal siswa. Berdasarkan dari analisis data diketahui adanya pengaruh teknik diskusi untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa dengan hasil sig. 0,000. Berdasarkan hasil output analisis statistik menunjukkan bahwa signifikan 0,000 < dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima, yaitu teknik diskusi berpengaruh dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMA Negeri 1 Srengat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163096 DENI NINGTYAS
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:07
Last Modified: 05 Jan 2021 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17513

Actions (login required)

View Item View Item