EFEKTIVITAS TEKNIK PAPAN CERITA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG

DEFI INDARWATI, 17210163098 (2020) EFEKTIVITAS TEKNIK PAPAN CERITA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wati, Defi Indar. NIM 17210163098. 2020. Efektivitas Teknik Papan Cerita dalam Pembelajaran Menulis Teks Fabel pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Skripsi. Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung. Pembimbing Prof. Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: efektivitas teknik papan cerita, teks fabel Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat dan kemauan siswa dalam pembelajaran menulis khususnya dalam menulis teks fabel. Proses pembelajaran yang dilakukan di MTsN 2 Tulungagung dirasa masih belum kreatif dan masih terlalu monoton, dalam hal ini guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran menulis dan siswa cenderung lebih pasif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan teknik papan cerita dalam pembelajaran menulis teks fabel dengan tujuan dapat membantu siswa dalam mengembangkan setiap ide atau gagasannya. Teknik papan cerita merupakan salah satu teknik pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menulis teks fabel melalui gambar dan kata-kata yang dituliskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimanakah efektivitas teknik papan cerita dalam pembelajaran menulis teks fabel pada siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung dengan sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas VII-B dan siswa kelas VII-C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes menulis teks fabel. Uji hipotesis yang digunakan adalah t-test dengan menggunakan independent sampel t test. Berdasarkan uraian di atas, maka hasil penelitian adalah pada kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Secara garis besar materi dan soal posttest yang akan disampaikan pada kelas kontrol adalah sama. Seperti biasa pembelajaran dengan metode ceramah dilakukan dan kemudian di akhir pembelajaran siswa akan melakukan posttest. Setelah dilakukannya evaluasi pembelajaran, hasil posttest kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata kelas 60,5 dan angka tersebut masih tergolong rendah atau dibawah KKM (>66). Pada kelas kontrol ini masih banyak siswa yang tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan, bahkan siswa lebih suka bergurau dengan teman sebangkunya dari pada memperhatikan penjelasan guru. Sebaliknya dengan kelas kontrol pembelajaran pada kelas eksperimen akan diberi perlakuan menggunakan teknik papan cerita dengan tujuan mendorong siswa untuk lebih aktif dan kreatif, dapat berimajinasi, dan dapat menungkan idenya ketika melakukan kegiatan menulis. Teknik ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami danmenyelesaikan suatu permasalahan beserta mencari solusi dari permasalahan yang ada. Selain itu, teknik ini juga memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk terlibat aktif dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran. Dengan diberi pelakuan teknik papan cerita tersebut rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sudah tergolong baik. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu mencapai angka 83.5 dengan beberapa siswa mendapatkan nilai sempurna. Berdasarkan hasil evaluasi dari pembelajaran yang telah dilakukan pada kedua kelas terdapat beberapa perbedaan yaitu pada kelas eksperimen siswa terlihat lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa lebih cepat menguasai materi yang diajarkan sehingga hasil belajar pun meningkat dari sebelumnya, dan semua siswa menjadi lebih berani dalam menuangkan idenya untuk menulis. Kesulitan-kesulitan yang sebelumnya dialami siswa sedikit telah terkurangi dengan penerapan teknik papan cerita ini. Adanya pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa terbukti dengan adanya perbedaan hasil posttest siswa, di mana nilai posttest siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji independent sampel t-test dengan nilai sebesar 0,000<0,05, maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian tersebut terdapat nilai sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan dan pengujian hipotesis, khususnya pada teks fabel kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Terdapat perbedaan nilai rata-rata pada siswa, nilai rata-rata sebelum menggunkan teknik papan cerita 60,5 sedangkan setelah menggunakan teknik papan cerita meningkat lebih baik yaitu 83,5. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163098 DEFI INDARWATI
Date Deposited: 22 Dec 2020 03:39
Last Modified: 22 Dec 2020 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17418

Actions (login required)

View Item View Item