KOMPETENSI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA (Studi Multisitus di MA Al Ma’arif Pondok Pesantren Panggung Tulungagung Dan MAN 2 Tulungagung)

ENDANG PUJI RAHAYU, 17506164023 (2020) KOMPETENSI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA (Studi Multisitus di MA Al Ma’arif Pondok Pesantren Panggung Tulungagung Dan MAN 2 Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (439kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (211kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Kompetensi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa (Studi Multisitus di MA AL Ma’arif Ponpes Panggung dan MAN 2 Tulungagung)” ini ditulis oleh Endang Puji Rahayu, Jurusan Pendidikan Agama Islam, NIM. 17506164023, Pembimbing Drs. H. Muwahid Shulhan, M.Ag., dan Dr. Ngainun Naim, M.H.I. Kata kunci : Kompetensi Guru Akidah akhlak Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh kemampuan yang dimiliki guru Akidah Akhlak yang tidak hanya sebatas pada aspek kognisi saja dalam menjalankan tugas guru sebagai pendidik, akan tetapi juga untuk mengarahkan perubahan dan perbaikan dalam akhlak siswa. Dengan demikian pembentukan akhlak merupakan suatu misi utama yang harus dilakukan oleh guru terhadap siswa. Dalam hal ini, peneliti mengaitkan kompetensi yang dimiliki oleh guru agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MA AL Ma’arif Pon Pes Panggung dan MAN 2 Tulungagung. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MA AL Ma’arif Ponpes Panggung Tulungagung dan MAN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MA AL Ma’arif Ponpes Panggung Tulungagung dan MAN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MA AL Ma’arif Ponpes Panggung Tulungagung dan MAN 2 Tulungagung? (4) Bagaimana kompetensi sosial guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MA AL Ma’arif Ponpes Panggung Tulungagung dan MAN 2 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Akidah Akhlak, Waka Kurikulum, dan beberapa siswa Madrasah Aliyah AL Ma’arif, dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung.Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: Guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa MA AL Ma’arif dan MAN 2 Tulungagung melalui kompetensi paedagogik dengan cara merencanakan kegiatan sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung terlaksana dengan adanya pembuatan RPP, proses pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran siswa. Pada kompetensi profesional ditujukan pada penguasaan materi oleh guru yang disampaikan kepada muridnya. Kepribadian guru agama tergambarkan pada pemberian contoh (suri teladan) kepada siswanya melalui keteladanan. Bentuk sosialitas guru dapat terlihat jelas dengan adanya komunikasi yang baik antar guru dengan siswa, sesama pendidik, wali murid dan juga masyarakat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164023 ENDANG PUJI RAHAYU
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:39
Last Modified: 17 Dec 2020 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17388

Actions (login required)

View Item View Item