PENALARAN DEDUKTIF MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT INTROVERT DI MTsN 1 BLITAR

BAICITA PASARI, 17204163184 (2020) PENALARAN DEDUKTIF MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT INTROVERT DI MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (811kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penalaran Deduktif Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert Introvert Di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Baicita Pasari, NIM. 17204163184, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata 1 Institut Agama Islam Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Penalaran Deduktif, Tipe Kepribadian, Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Dunia pendidikan pada dasarnya sebagai fungsi dalam upaya memberikan pengetahuan, wawasan, keterampilan, serta keahlian tertentu pada manusia. Pendidikan dalam ilmu pengetahuan matematika tentunya akan lebih menekankan pada aktivitas dalam dunia penalaran. Kemampuan penalaran pada siswa dalam bidang pendidikan sendiri memiliki tingkat yang berbeda. Perbedaan dalam penalaran tersebut berpengaruh terhadap proses berfikir pada siswa. Dan proses berfikir pada tiap siswa dalam menyelesaikan masalah tentunya berbeda. Perbedaan dalam proses berfikir tersebut akan melatarbelakangi pada perbedaan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif matematis siswa yang memiliki kepribadian extrovert, (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif matematis siswa yang memiliki kepribadian introvert. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini ada 4 siswa dengan tipe kepribadian yang berbeda dari 32 siswa kelas di VII-3, yang terdiri dari 2 siswa kepribadian extrovert dan 2 siswa kepribadian introvert. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, hasil tes tulis dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model dari Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini, menunjukkan: (1) penalaran deduktif matematis siswa dengan tipe kepribadian extrovert hanya mampu memenuhi indikator melaksanakan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu dan memperkirakan jawaban atau proses solusi. (2) penalan deduktif matematis siswa dengan tipe kepribadian introvert mampu memenuhi indikator dalam melaksanakan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu, memperkirakan jawaban atau proses solusi, serta mampu dalam penarikan kesimpulan yang logis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163184 BAICITA PASARI
Date Deposited: 02 Dec 2020 06:57
Last Modified: 02 Dec 2020 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17288

Actions (login required)

View Item View Item