IMPLEMENTASI PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

M. KHOIRUL MUZAKI, 17201163332 (2020) IMPLEMENTASI PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha dalam Memebentuk Karakter Peserta Didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung” ini di tulis oleh Muhammah Khoirul Muzaki, NIM 17201163332, pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag. Kata kunci: Implementasi, Pembiasaan Sholat Dhuha, Karakter Disiplin, Religius, Tanggung Jawab Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran lembaga madrasah yang tidak hanya mewujudkan insan yang berprestasi, tetapi juga berjiwa Islami. Lembaga perlu mengadakan peningkatan-peningkatan dalam bidang pendidikan agama di samping pendidikan formalnya. Generasi Islami yang diharapkan oleh masa depan adalah yang mempunyai iptek tinggi dan imtaq kuat, sehingga nantinya mempunyai daya saing yang kuat. Maka dari itu, madrasah tidak hanya mengajarkan teori-teori materi pelajaran saja, tetapi juga memberikan ajaran-ajaran Islami untuk membentuk karakter siswa, salah satunya dengan mengadakan kegiatan sholat dhuha. Hal itu ditunjukan agar siswa tidak hanya mengerjakan sholat wajib saja, akan tetapi juga ditanamkan kesadaran pada siswa untuk melaksanakan sholat sunnah termasuk diantaranya sholat dhuha. Karena barang siapa yang istiqomah melaksanakan sholat dhuha akan di mudahkan dan dilancarkan rezekinya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pembiasaan sholat dhuha dalam memebntuk karakter disiplin peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi pembiasaan sholat dhuha dalalm membentuk karakter religius di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana implementasi pembiasaan sholat dhuha dalam memebntuk karakter tanggung jawab di MTs Imam AL-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskripstif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, untuk menganalisis data-data data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data analisi dengan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Implementasi pembiasaan sholat dhuha dalam membentuk karakter disiplin di MTs Imam Al-ghozali Panjerejo Tulungagung di lakukan dengan cara pembiasaan sholat dhuha yang di lakukan secara terus menerus, sehingga siswa harus melaksanakannya sesuai dengan jadwal yang sudah di tentukan. Dan juga adanya sanksi dan absensi, yang secara intangible membentuk karakter disiplin. (2) Implementasi pembiasaan sholat dhuha dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Imam AL-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung adalah implementasi karakter religius vertikal dan horizontal. Karakter religius vertikal di implementasikan melalui sholat dhuha, jadi siswa akan merasa lebih dekat dengan ALLAH.Sedangkan karakter religius horizontal yaitu lebih menempatkan madrasah sebagai intitusi sosial,sehingga karakter religius siswa akan di bentuk melalui kegiatan dzikir dan kultum setelah sholat dhuha.(3) Implementasi pembiasaan sholat dhuha dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung berupa tanggung jawab moral dan tanggung jawab sosial. Dalam karakter tanggung jawab moral individu siswa harus melaksanakan sholat dhuha tanpa di suruh oleh gurunya sedangkan karakter tanggung jawab sosial untuk menjaga kekompakan sesama teman sejawatnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163332 M. KHOIRUL MUZAKI
Date Deposited: 23 Nov 2020 04:35
Last Modified: 23 Nov 2020 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17259

Actions (login required)

View Item View Item