PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIAGRAM VENN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGORO MOJOKERTO PADA MATERI HIMPUNAN

LINDA YUNI ISTIQOMAH, 17204163033 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIAGRAM VENN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGORO MOJOKERTO PADA MATERI HIMPUNAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Diagram Venn terhadap Pemahaman Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto pada Materi Himpunan” ditulis oleh Linda Yuni Istiqomah, NIM. 1720463033, Jurusan Tadris Matemtika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Diagram Venn, Pemahaman Siswa, Himpunan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang merasa kesulitan dalam belajar matematika sehingga sebagian besar memiliki kelemahan dalam memahami pelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang mampu meningkatkan keinginan siswa dalam mengikuti pembelajaran agar siswa lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan guru, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran diagram venn terhadap pemahaman siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto pada materi himpunan serta besar pengaruh yang diberikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Random Sampling. Sample yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diambil dari hasil nilai post test, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji T. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran diagram venn terhadap pemahaman siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji T diperoleh nilai signifikansi 0,646>0,05. Sehingga keputusannya H_0 ditolak dan H_1diterima. Adapun besar pengaruh yang didapatkan dari uji cohen sebesar 94,5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163033 LINDA YUNI ISTIQOMAH
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:45
Last Modified: 25 Nov 2020 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17258

Actions (login required)

View Item View Item