DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI SMP NEGERI 2 KADEMANGAN BLITAR

MAHARDHIKA WORO LESTARI, 17204163185 (2020) DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI SMP NEGERI 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Kubus dan Balok ditinjau dari Gaya Belajar di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Mahardhika Woro Lestari, NIM 17204163185, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Disposisi Matematis, Kubus dan Balok, Gaya Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa disposisi matematis siswa dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Seorang siswa yang memiliki disposisi matematis yang tinggi akan membentuk individu yang tangguh, ulet, bertanggung jawab, memiliki motif berprestasi yang tinggi, serta dapat membantu untuk mencapai hasil terbaik. Sehingga siswa memerlukan disposisi yang akan menjadikan mereka gigih dalam menghadapi masalah yang lebih menantang, yang bertujuan untuk bertanggung jawab terhadap belajar mereka sendiri dan untuk mengembangkan kebiasaan baik pada pelajaran matematika. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana disposisi matematis siswa kelas VIII dengan gaya belajar visual pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 2 Kademangan? (2) Bagaimana disposisi matematis siswa kelas VIII dengan gaya belajar kinestetik pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 2 Kademangan? (3) Bagaimana disposisi matematis siswa kelas VIII dengan gaya belajar audiotori pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 2 Kademangan? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan disposisi matematis siswa kelas VIII dengan gaya belajar visual pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 2 Kademangan. (2) mendeskripsikan disposisi matematis siswa kelas VIII dengan gaya belajar kinestetik pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 2 Kademangan. (3) mendeskripsikan disposisi matematis siswa kelas VIII dengan gaya belajar audiotori pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 2 Kademangan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mengambil subjek menggunakan teknik purposive sampling dimana subjek dipilih secara non random oleh guru berdasarkan kemampuan matematis siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan disposisi matematis antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, gaya belajar kinestetik dan gaya belajar audiotori. Disposisi matematis siswa secara keseluruhan yang memiliki gaya belajar audiotori lebih baik daripada siswa yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163185 MAHARDHIKA WORO LESTARI
Date Deposited: 19 Nov 2020 04:05
Last Modified: 19 Nov 2020 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17231

Actions (login required)

View Item View Item