ANALISIS BERPIKIR PSEUDO DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

RIZA NUR AZAHRA, 17204163200 (2020) ANALISIS BERPIKIR PSEUDO DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (925kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (489kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Berpikir Pseudo dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa” ini ditulis oleh Riza Nur Azahra, NIM. 17204163200, pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Pseudo, Memecahkan Masalah, Aljabar, dan Kemampuan Matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa dalam proses pembelajaran matematika kebanyakan lebih menekankan pada prosedur, aturan, dan cara menyelesaikan soal. Hal tersebut mengakibatkan siswa hanya menjalankan langkah-langkah yang telah dicontohkan oleh gurunya ketika menyelesaikan masalah. Sehingga siswa tidak benar-benar berpikir, siswa hanya seakan-akan berpikir. Hal inilah yang disebut berpikir pseudo. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan berpikir pseudo siswa berkemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah aljabar. 2) Untuk mendeskripsikan berpikir pseudo siswa berkemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah aljabar. 3) Untuk mendeskripsikan berpikir pseudo siswa berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 1 Kalidawir. Peneliti mengambil subjek penelitian berdasarkan kemampuan matematika yang berbeda yaitu 2 siswa berkemampuan matematika rendah, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa yang berkemampuan matematika rendah mengalami berpikir pseudo benar maupun berpikir pseudo salah. Sebab proses penyelesaian yang dituliskan oleh siswa yang berkemampuan matematika rendah masih banyak yang belum mencapai indikator pada tahap tahap pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya. 2) Siswa yang berkemampuan matematika sedang mengalami berpikir pseudo benar maupun berpikir pseudo salah. Sebab proses penyelesaian yang dituliskan oleh siswa yang berkemampuan matematika sedang masih ada beberapa yang belum mencapai indikator pada tahap-tahap pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya. 3) Siswa yang berkemampuan matematika tinggi masih ada yang mengalami berpikir pseudo salah, meskipun kemungkinan terjadinya kecil. Sebab pada proses penyelesaian yang dituliskan oleh siswa yang berkemampuan matematika tinggi sebagian besar sudah mencapai indikator pada tahap-tahap pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163200 RIZA NUR AZAHRA
Date Deposited: 19 Nov 2020 02:28
Last Modified: 19 Nov 2020 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17230

Actions (login required)

View Item View Item