KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA KELAS VII MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG

WAHIDA NURLATIFAH AZZARKASY PUTRI, 17204163271 (2020) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA KELAS VII MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa Kelas VII-B MTs Al Ma’arif Tulungagung”. Skripsi ini ditulis oleh Wahida Nurlatifah Azzarkasy Putri, NIM 17204163271, pembimbing Nur Cholis, S. Pd. I, M. Pd. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Pemecahan Masalah, self efficacy, Perbandingan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kemampuan penalaran siswa dalam memecahkan masalah matematika masih tergolong rendah. Kemampuan penalaran siswa sangat dibutuhkan untuk mencapai hasil belajar yang baik dalam pembelajaran matematika. Sedangkan self efficacy merupakan salah satu dari kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa. Hal ini karena self efficacy merupakan salah satu standar yang sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan self efficacy tinggi dalam memecahkan masalah. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan matematis siswa dengan self efficacy sedang dalam memecahkan masalah. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan self efficacy rendah dalam memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini berjumlah 6 siswa kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Metode pengumpula data yaitu angket, tes tulis dan wawancara. Angket sebanyak 20 pernyataan sesuai dengan indikator self efficacy. Soal tes sebanyak 3 masalah materi Perbandingan dan wawancara dilakukan unutk memperluas informasi dar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII-B di MTs Al Ma’arif Tulungagung dengan self-efficacy tinggi mampu memenuhi seluruh indikator penalaran dalam pemecahan masalah matematika materi perbandingan. (2) Kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII-B di MTs Al Ma’arif Tulungagung dengan self-efficacy sedang mampu memenuhi seluruh indikator dalam pemecahan masalah matematika materi perbandingan, namun ada subjek yang hanya mampu memenuhi 3 indikator saja. (3) Kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII-B di MTs Al Ma’arif Tulungagung dengan self-efficacy rendah mampu memenuhi seluruh indikator dalam pemecahan masalah matematika materi perbandingan, namun ada subjek yang hanya mampu memenuhi 3 indikator saja.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163271 WAHIDA NURLATIFAH AZZARKASY PUTRI
Date Deposited: 23 Nov 2020 01:42
Last Modified: 23 Nov 2020 01:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17164

Actions (login required)

View Item View Item